Maspolin.id

Jaga Stabilitas Harga Sembako, Wabup Bersama Polres Purwakarta Sidak Pasar

Purwakarta. Maspolin.Id – Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2018 selalu disertai melonjaknya kenaikan harga, terutama sembilan bahan pokok (Sembako), sebagai upaya menekan kenaikan harga sembako semua unsur pemerintah dan instansi lainya di Kabupaten Purwakarta melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kesejumlah tempat terutama dipusat perbelanjaan seperti di pasar.

Inspeksi mendadak pada Rabu (19/12/18) yang dipimpin langsung wakil Bupati H. Aming bersama Kepala Kepolisian Polres Purwakarta AKBP Twedi A.B, Disperindak, Dinkes, Bulog, BPOM dan Mantri Pasar.

Proyeksi pengontrolan harga sembako di sejumlah oasar di Purwakarta mendapat perhatian khusus dari masyarakat mereka berharap tidak ada kenaikan menjelang natal dan tahun baru.

Inspeksi tersebut H. Aming langsung berkomunikasi dengan sejumlah pedagang menanyakan langsung tentang harga jualanya.

Jajang salah seorang pedagang beras saat di tanya H. Aming mengatakan, “saat ini harga beras mengalami kenaik antara 500 hingga 1000 rupiah/liter dan untuk semua jenis, terendah Rp. 8000/liter, Kwalitas 3 9000/liter, kwalitas 2 Rp. 10.000/liter premium Rp. 12.500/liter.

Masih ditempat yang sama, Hermawan salah seorang pedagang ayam potong, memaparkan, “Untuk ayam potong harga sebelumnya Rp. 32.000 sampai Rp. 34.000 dan sekarang 37.000 rupiah karena menjelang natal tahun baru pasokan berkurang 25 persen dan sekarang dipasok 2 ton perhari sekarang jadi 1.5 ton.

Aji, pedagang Sembako, untuk harga telur naik jadi Rp. 27.000 awalnya hanya Rp. 23.000/kg, namun walaupun ada kenaikan tidak berpengaruh pada penjualan.

Minyak sayur turun harganya jd 10 rb/ kg awalnya 11.000.
Gula pasir harganya turun jadi 10500 awalnya 12 ribu perkilogram.

Sementara untuk sayuran kata yuyun pedagang mengalami kenaikan sedikit diantaranya bawang merah dari dari 20 ribu per kg, jadi 25 ribu, kol dari 6 ribu, jadi 8 ribu per kg, kentang 12 ribu perkilogram. Buncis 20 ribu perkilogram dan Bawang putih tidak naik masih 28 ribu perkilogram.

Adanya beberapa jenis sembako yang mengalami kenaikan namun tidak signipikan, itu masih dalam tahap setabil, haltersebut seperti yang disampaikan masyarakat saat di konfirmasi media Maspolin. (Cbr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *