Maspolin.id

Untuk Kejahatan, Tak Ada Titik Rawan dan Titik Aman

Cilacap – Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2018 dilaksanakan Polres Cilacap di Mapolres, Jumat (21/10/2018).

Kegiatan ini dihadiri Forkopimda Kabupaten Cilacap, OPD serta dinas instansi, segenap unsur pimpinan daerah, para pejabat TNI, Polri, Dishub, Basarnas, satuan pengamanan, Banser, Pemuda Pancasila, Pramuka, tokoh agama, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat.

Membacakan amanat Kapolri, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan, apel gelar pasukan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan, serta memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, menyamakan persepsi agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar,” kata Kapolres.

Dalam Operasi Lilin Candi tahun 2018 ini, pihaknya melibatkan 900 personel gabungan dari Polres Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Satpol PP, Dishub, serta pelibatan beberapa organisasi masyarakat.

“Personel gabungan ini nantinya akan ditugaskan di beberapa pos pengamanan dan pos pelayanan, seperti di Pos 7 gereja besar di wilayah kota Cilacap, Pos Pelayanan Mergo, Pos Sampang, Alun-alun, dan pos-pos wisata,” terangnya.

Operasi kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Sedangkan untuk gereja yang berada di luar kota akan dilaksanakan pengamanan oleh Polsek dan Koramil terdekat.

Ditemui usai apel, Djoko menilai di Kabupaten Cilacap untuk sementara tidak ada titik rawan, namun kita terus berupaya untuk melakukan pengamanan di semua titik.

“Kita antisipasi di tempat-tempat keramaian atau di tempat wisata, seperti Pantai Sodong dan Teluk Penyu,” tutup Kapolres. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *