Maspolin.id

Bersama Dinkes, Sat Lantas Cek Kesehatan Awak Angkutan Umum

Cilacap – Untuk menekan angka korban kecelakaan di jalan raya, Satlantas Polres Cilacap bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap kembali melakukan pengecekan kesehatan bagi awak angkutan umum, Jumat (28/12/2018) pagi.

Selain itu, kegiatan tersebut guna menghadapi liburan Tahun Baru 2019.

Kegiatan tersebut digelar di Terminal Bus Bangga Mbangun Desa Cilacap dan di pangkalan PO bus serta kendaraan angkutan barang.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Lantas AKP Ahmad Nur Ari mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah para sopir serta awak angkutan kendaraan umum serta kendaraan barang.

Ahmad menambahkan, teknis pelaksanaan kegiatan berupa pengecekan kesehatan oleh Dinkes Cilacap dengan melakukan medical check up yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, cek urine untuk mendeteksi adanya kandungan narkoba dan alkohol dalam tubuh, serta pengecekan gula darah.

Pengecekan kendaraan umum dan kendaraan angkutan barang juga dilakukan oleh petugas dari Polres Cilacap, Dishub Cilacap, yang meliputi kelengkapan surat-surat, mulai dari SIM, STNK kendaraan, buku uji KIR, serta izin trayek.

Petugas gabungan juga memeriksa cockpit, mulai dari lampu sign, lampu hazard, lampu utama, wiper, pengereman kendaraan, tekanan ban, serta kelengkapan kendaraan mulai dari dongkrak, kotak P3K, dan traffic warning triangle atau segitiga pengaman.

“Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik Tahun Baru 2019 serta menekan angka laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia yang melibatkan angkutan umum dan angkutan barang di wilayah Kabupaten Cilacap,” tuturnya memungkasi. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *