Maspolin.id

Diduga Akibat Lilin, Jago Merah Ludeskan Rumah Di Ngasem

Bojonegoro,Maspolin.id – Kebakaran menghanguskan rumah milik Abdul Hakam (60), warga Desa Ngasem RT 004 RW 002 Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro, pada Rabu (26/12/2018) sekira pukul 22.30 WIB.

Diduga penyebab kebakaran atau sumber api berasal dari lilin yang apinya membakar televisi dan meja kayu hingga akirnya api membesar dan membakar rumah tersebut.

Saat peristiwa tersebut terjadi, korban sedang bekerja di luar kota, sementara yang berada di dalam rumah tersebut istri korban bersama seorang anaknya dan dua orang cucunya. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun akibat korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 50 juta.

Kapolsek Ngasem, AKP Dumas Barutu SH, kepada media ini mengungkapkan bahwa kronologi peristiwa tersebut bermula, pada Rabu (26/12/2018) malam, kondisi listrik di rumah korban sedang padam. Selanjut nya sekira pukul 21.00 WIB, istri korban, Siti Rukayah (60), bersama anaknya Wulan Firdaus dan kedua cucunya, Asya(6) dan Rayan (3), hendak pergi tidur.

“Karena listrik padam, sebelum tidur istri korban menyalakan dua buah lilin yang diletakkan di atas televisi yang ada ada di atas meja kayu, dengan alas piring plastik,” kata Kapolsek AKP Dumas Barutu SH, Kamis (27/12/2018) pagi.

Kemudian sekira pukul 22.30 WIB, korban terbangun karena udara panas dan sat itu korban melihat api yang sudah menjalar ke dinding rumah, sehingga korban segera membangunkan anak dan cucunya, untuk diajak keluar rumah sambil berteriak minta tolong pada warga sekitar.

“Warga sekitar segera berdatangan untuk membantu memadamkan api sambil membantu menyelamatkan barang-barang milik korban,” kata Kapolsek.

Tidak lama berselang datang mobil pemadam kebakaran untuk membantu memadamkan api hingga akhirnya api berhasik di padamkan, namun rumah berikut perabotan milik korban ludes terbakar.

Diduga penyebab kebakaran atau sumber api berasal dari lilin yang membakar piring plastik yang dipergunakan sebagai alas. Kemudian api tersebut membakar televisi dan meja yang terbuat dari kayu jati, sehingga api membesar dan membakar diding rumah, yang juga terbuat dari kayu jati, hingga akhirnya api membakar rumah korban.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa tersebut, namun akibat korban diperkirakan mengalami kerugian material sebesar 50 juta rupiah.” tutur Kapolsek.

Secara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro, Sukirno, bahwa Dinas Pemadam Kebakaran Pos Bantu Ngambon menerima laporan pukul 22.46 WIB dan Dinas Pemadam Kebakaran Pos Ngambon mengirimkan satu unit mobil pemadam kebakaran, dengan kekuatan 6 orang personel.

“Petugas sampai di lokasi kejadian pukul 22.58 WIB dan api benar-benar dapt dipadamkan pada pukul 01.00 WIB dini hari,” terang Sukirno.

Gondrong/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *