Maspolin.id

AKBP ‘Irwa’ Temukan Ini Di Malam Pergantian Tahun Di Polres Tapsel…

Tapsel,Maspolin.id —Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib terpaku, ketika menyimak penjabaran salah satu pembicara di acara Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama, bertempat di Lapangan Futsal Wirasatya Mapolres Tapsel, Senin (31/12/2018) malam.

“Setelah sekian lama, berkat penafsiran seorang ayah (tokoh agama.red) di Tapanuli Selatan, barulah saya ketahui bahwa pemberian nama ‘Irwa’ oleh orangtua saya dulu mempunyai makna spritual,” ujar Kapolres seraya berucap syukur kepada Tuhan telah diberi anugerah bisa menjejakkan kaki di bumi Tapsel.

Bila dibandingkan dengan daerah tempat dimana pernah bertugas sebelumnya, Kapolres menuturkan Tapsel adalah daerah kharismatik. Daerah dimana masyarakatnya begitu sangat menghargai keberagaman dan menjungjung tinggi nilai-nilai spritualisme dalam kehidupan sehari-hari.

“Sewaktu bertugas di Jakarta dulu, bila malam detik-detik pergantian tahun seperti ini, mayoritas lalu lintas macet parah. Tapi disini, alhamdulillah, begitu damainya Tapanuli Selatan, dimana-mana arus lalu lintas relatif lancar tanpa hambatan. Artinya, itu menunjukkan cover citra masyarakat Tapsel. Betapa agamaisnya masyarakat disini,” kisah Kapolres.

Dipenghujung sambutannya, Irwa berharap, seiring beranjak dari tahun 2018 yang telah dilalui bersama dalam suka maupun duka, serta semua hal yang dicita-citakan, semoga di tahun 2019 dapat terwujud. “Tahun kemarin yang kurang baik akan membaik, dan yang sudah baik, di tahun 2019 akan jauh lebih baik lagi,” tandas Kapolres.

Sebelumnya, Awaluddin Harahap tokoh agama Paluta menjelaskan, bahwa nama depan Kapolres Tapsel memiliki makna eksplisit. “Ir itu irhamiz zohir yang artinya menyayangi bawahan, atau ungkapan kasih sayang. Sedangkan ‘wa’ itu wahramil kabir, yang artinya orang yang memiliki kepribadian menghargai dan menghormati orang yang lebih tinggi, baik dari segi pangkat, jabatan, maupun umur,” jelasnya.

Di kesempatan itu Awaluddin juga menyatakan, sungguh betapa sangat beruntungnya masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel/ Tapsel, Paluta, Palas.red) mempunyai Kapolres seorang Irwa Zaini Adib. Disamping ditegaskannya, bahwa ungkapan tersebut bukan konotasi menyanjung, tapi murni berangkat dari penilaian masyarakat terhadap etos kerja dan integritas Kapolres.

“Kita sepakati, apabila nantinya ananda ini (Kapolres) berpindah tugas ke posisi yang jenjangnya tetap sama, jangan diberi izin pergi. Tapi kalau meningkat ke posisi strategis seperti Direktur di Polda, tak apalah, kita ikhlaskan beliau pindah,” ujar Awaluddin disambut riuh tepuk tangan seluruh undangan.

(warsha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *