Maspolin.id

Inilah Beberapa Penghargaan Yang Berhasil Diterima Pemkab Tuban Selama 2018

TUBAN,Maspolin.id – Di penghujung 2018, telah banyak program yang dilaksanakan oleh Pemkab Tuban, baik program pembangunan di bidang infrastruktur, kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Semuanya telah membuahkan hasil, terbukti dengan sederet penghargaan yang telah diperoleh oleh Kabupaten Tuban, baik tingkat provinsi hingga nasional.

Bupati Tuban H. Fathul Huda mengatakan, perjalanan pemerintahan yang ia pimpin di 2018 berjalan cukup baik. Seperti instruksi yang diberikannya kepada seluruh OPD di Kabupaten Tuban untuk membuat inovasi di bidang masing-masing, telah banyak membuahkan hasil.

“Perjalanan pemerintahan 2018 saya kira cukup baik, instruksi untuk membuat  inovasi dikerjakan dengan sungguh-sungguh oleh semua OPD,” kata Bupati Huda, Senin (31/12).

Bupati menjelaskan, banyak penghargaan yang didapat Kabupaten Tuban tahun ini, seperti Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja RI, pada 12 Januari 2018. Hasi kinerja dengan ‘Status Sangat Tinggi Bintang Dua’ diberikan oleh Kemendagri, di Jakarta, Rabu, 25 April 2018, penghargaan sebagai pemenang Platinum Kabupaten Terbaik dalam kategori Pelayanan Publik IAA 2018, Jumat 14 September 2018, Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur tahun 2018- Otonomi Award Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (OA JPIP), Senin (22/10/), Penghargaan Piala Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Kamis (15/11, Bupati Entrepreneur Award 2018 kategori perdagangan (Trade) dari Mark Plus Inc dan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing Rabu, (5/12), dan sederet penghargaan lainnya. 

Meski banyak penghargaan telah diperoleh, bupati menegaskan, penghargaan bukanlah tujuan utama, akan tetapi kepuasan publik akan kinerja pemkab adalah hal terpenting.

“Penghargaan itu bonus, yang penting output-nya, dan kepuasan publik. Sekarang skor kita 80 masuk kategori memuaskan, diharapkan tahun depan meningkat sampai ke sangat puas,” yakin bupati.

Selain itu, bupati juga menyinggung masalah kemiskinan yang juga masuk dalam fokus kinerja pada 2018. Seperti diketahui, pada 2018 angka kemiskinan  Tuban turun sebesar 1,56 persen,  dari 16,87 persen menjadi 15,31 persen. 

Terdapat beberapa program yang telah dilaksanakan untuk menurunkan angka kemiskinan, salah satunya adalah penyaluran dana hibah.

Ia menjelaskan, salah satu kendala pengentasan kemiskinan tidak berjalan maksimal adalah beberapa hibah yang kurang tepat sasaran. Mengenai hal ini, Pemkab Tuban segera melakukan evaluasi dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Penurunan hingga 1,56 persen tersebut menjadi capaian tersendiri bagi Pemkab Tuban, mengingat hanya 4 kabupaten/kota di Jawa Timur yang mengalami penurunan angka kemiskinan. Orang nomor satu di Tuban ini meyakinkan, angka kemiskinan tersebut dapat terus diturunkan dengan berbagai program maupun pembangunan di Kabupaten Tuban.

Salah satunya dengan menyalurkan dana hibah, serta pengerjan proyek pembangunan di awal tahun. “2018 sudah kita laksanakan, di 2019 harus kita lakukan lagi. Semua hibah dan proyek pembangunan harus segera disalurkan dan dikerjakan di awal tahun,” tegasnya.

Bupati menambahkan, jika saat ini alokasi dana PHK telah bertambah, yang sebelumnya Rp 19 triliun menjadi Rp 34 triliun atau bertambah sekitar 60 persen. Bupati memerintahkan agar OPD terkait, serta pemerintah desa mencari daftar baru untuk menjadi penerima manfaat sebesar 60 persen tersebut di 2019.

“Semua juga harus ikut mengawal, agar tepat sasaran,” imbuhnya.  

Ia meyakinkan, jika keberhasilan pembangunan di 2018 tidak hanya dipertahankan, tetapi  harus dikembangkan, agar Kabupaten Tuban lebih religius, bersih, maju dan sejahtera dapat terwujud. “Kalau ingin maju bukan mempertahankan yang ada, tetapi harus mengembangkan yang ada. Bukan cuma usaha, tetapi juga doa kepada Tuhan,” tutup bupati. (

Daftar prestasi Kabupaten Tuban sepanjang tahun 2018:

PENGHARGAAN PEMKAB TUBAN 2018

  1. Penghargaan Kepada Bupati Tuban sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja RI, Hanif Dhakiri yang diterima Wakil Bupati di Gedung Negara Grahadi , 12 Januari 2018.
  2. Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat B dari Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur Kepada Bupati Tuban, 31 Januari 2018 .
  3. Piagam Penghargaan atas komitmen dalam mendukung program aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi,  Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (07/03/18).
  4. Penghargaan Atas Prest Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (07/03/18).asi Kinerja Dengan ‘Status Sangat Tinggi Bintang Dua’penghargaan ini diberikan oleh Kemendagri, di Jakarta, Rabu, 25 April 2018.

Sebagai Apresiasi, Pemprov Jatim memberikan penghargaan serupa, yang diberikan oleh Gubernur Jatim kepada Wakil Bupati Tuban, Jum’at, 27 April 2018.

  1. Penghargaan Pencapaian Peningkatan Produksi Jagung tertinggi tingkat Jatim. Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Sumarjo Gatot Irianto, MS. DAA. Kepada Wakil Bupati Tuban,  Ir. H. Noor Nahar Hussein,  M.Si pada acara Evaluasi Luas Tambah Tanam (LTT) Padi, Jagung, Kedelai Provinsi Jawa Timur, dan Persiapan Penyusunan angka ramalan (Aram) I tahun 2018 di Hotel Aria Gajayana Malang, Kamis 12 Juli 2018
  2. Penghargaan Kabupaten Layak Anak kriteria ‘Pratama’ yang diserahkan oleh Menteri PP-PA, Yohana Yembise kepada  Bupati Tuban, H. Fathul Huda. Senin 23 Juli 018, pada acara Malam Penghargaan KLA 2018 yang merupakan bagian dari Hari Anak Nasional 2018, bertempat di Dyandra Convention Center Jalan basuki Rachmat 93-1-5, Kota Surabaya.
  3. Penghargaan sebagai Pemenang Platinum Kabupaten Terbaik dalam kategori Pelayanan Publik IAA 2018, Platinum merupakan Peringkat Tertinggi dalam IAA 2018.

Penghargaan ini terima langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo di Ballroom Dua Mutiara, Hotel JW. Marriot, Jalan Dr. Ide Anak Agung Jakarta, Jum’at 14 September 2018.

  1. Piagam Penghargaan kepada Kabupaten Tuban sebagai apresiasi atas di perolehnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tuban Tahun Anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo yang mewakili Pemerintah Pusat kepada Bupati Tuban. H. Fathul Huda di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya. Jum’at (28/09).
  2. Penghargaan Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2018kategori Kepatuhan dan Kualitas tata kelola seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari Komisioner KASN, Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto di Hotel Bhidakara, Jakarta, Selasa (23/10/18)
  3. Pemkab Tuban raih penghargaan Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur tahun 2018 –  Otonomi Award Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (OA JPIP). Anugerah diberikan atas inovasi Wisata Arsip Anak Sekolah dan Masyarakat (Warasmas) yang dikembangkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Ir. Soekarwo kepada Wakil Bupati Tuban, Ir.H.Noor Nahar Hussein, M.Si., di hotel Shangrila Surabaya, Senin (22/10/2018).
  4. Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi meraih Penghargaan Terbaik Pertama Anugerah Wisata Jawa Timur (AWJ) Tahun 2018 dalam kategori daya tarik Wisata Budaya, Penghargaan itu diberikan oleh Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono di ballroom hotel Mercure, Surabaya, Selasa malam (23/10/18). Ketua Yayasan Masjid Ibrahim Asmoroqondi, Sukardi menerima penghargaan secara langsung  didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Drs. Sulistyadi, MM.
  5. Komitmen dan semangat  Bupati Tuban dalam mendorong dan menginspirasi Inovasi di setiap OPD  berbuah Penghargaan, Pemerintah Kabupaten Tuban menerima Inagara (Inovasi Administrasi Negara) Award  dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari  Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si. Selasa (30/10/18).
  6.  Penghargaan Piala Natamukti dari  International Council for Small Business (ICSB) Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (15/11/18).

Pengahargaan ini diberikan atas keberhasilan mendorong keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan keberhasilan Pemerintah Daerah dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

  1. Bupati Tuban, H. Fathul Huda menerima penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2018 kategori perdagangan (Trade) dari Mark Plus Inc dan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing yang bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga pada acara INA (Innovation Network of Asia) Entrepreneur Award 2018 di Glass house, Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Jalan Jendral Sudirman Senayan Kebayoran baru Jakarta Selatan, Rabu, (5/12/2018).
  2. Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, berhasil memperoleh Penghargaan Terbaik 2 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional 2018. Penghargaan ini diterima oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi,  Khairul Anwar yang di dampingi Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto di Hotel Kartika Candra, Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 18-20 Jakarta, Rabu (05/12/18).
  3. Turut hadir pada kegiatan ini Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Perintis Tuban, Rofiul Masyhudi dan Kepala Desa Karanglo, Sunandar, S.HI.
  4. Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Kabupaten Tuban berhasil meraih Penghargaan JDIH Terbaik 2018tingkat kabupaten dari Menteri Hukum dan HAM RI. Penghargaan ini diterima oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementrian Hukum dan Ham RI Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum., C.N. pada acara Pertemuan Integrasi Sistem Jaringan Dokumentasi dan Informasi (JDIH) Tingkat Nasional Tahun 2018, Senin (10/12/18) bertempat di Swiss-bel Hotel Mangga Besar, Jalan Kartini No. 57 Jakarta Pusat.
  5. Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tahun 2018, diserahkan oleh Menkumham, Yasona Laoli kepada Asisten Pemerintahan selaku Plt Kepala Kesbangpol, Joko Sarwono di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, hari ini, Selasa (11/12/18).
  6. Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Yohana Yembise kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Rabu (19/12/18). (Nur/Hum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *