Maspolin.id

Napi Lapas Cilacap yang Kabur Ditangkap Saat Santai di Rumah Temannya

Cilacap, Maspolin.id – Unit Reskrim Polsek Sidareja bersama Unit Opsnal Reskrim Polres Cilacap berhasil menangkap narapidana (napi) Lapas Kelas II B Cilacap yang kabur hari Rabu (9/1/2019) lalu.

Napi yang kabur tersebut bernama Nur Hidayat bin Alm Edo (32), warga Dusun Tarisi RT 08 RW 04, Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang, Pangandaran.

Dia kabur sekitar pukul 11.00 WIB siang.

Kepala Lapas Kelas II B Cilacap, Hasan Basri AMd SSos MSi saat ditemui mengatakan, napi yang kabur terkait kasus pencurian dengan vonis hukuman 2 tahun penjara.

“Nur Hidayat sudah menjalani setengah hukuman lebih,” katanya, Kamis (10/1/2019).

Hasan lantas menjelaskan, Nur Hidayat dikenal di lingkungan lapas cukup baik dan sedang dalam proses pengusulan untuk pembebasan bersyarat, sehingga pihak Nur aman. “Jika normal tanpa pembebasan bersyarat, Nur Hidayat baru bebas November 2019, namun jika berhasil mendapatkan pembebasan bersyarat, Maret ini sudah bebas,” ungkap dia.

Menurut Hasan, Nur pamit sama temannya mau beli korek. “Ditunggu-tunggu sampai mau masuk, kok belum datang,” imbuh Hasan.

Meskipun demikian, setelah ditunggu-tunggu tidak datang, dan teman yang dipamiti Nur melapor kepada petugas pintu. Petugas pun melapor kepada tenaga keamanan, dan semuanya mencari keluar lapas.

“Sekitar pukul 13.30 WIB kami temukan sepeda yang digunakan Nur di Jalan Muria,” tandas Hasan.

Dengan ditemukannya sepeda tersebut, pihaknya mengambil kesimpulan bahwa Nur Hidayat melarikan diri. “Kami langsung mengirim surat ke Kepolisian dan melaporkan ke Kantor Wilayah Jawa Tengah dan Jakarta,” tegasnya.

Dan pencarian tetap dilakukan. Hasan memerintahkan anggotanya untuk menyisir ke mana saja tempat pelarian yang diduga akan dituju.

Tempat tersebut adalah rumah keluarganya dan teman-temannya.

Jika tidak melarikan diri, Nur seharusnya masuk kembali ke lapas setelah jam kunjungan selesai yakni sekitar pukul 11.00 WIB.

“Kami terus berupaya untuk terus melakukan pencarian,” pungkas Hasan.

Sementara itu, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Reskrim AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar, Sabtu (12/1/2019) mengatakan, membenarakan napi atas nama Nur Hidayat bin Alm Edo, napi warga Dusun Tarisi itu kabur dari lapas pada Rabu (9/1/2019), sekitar pukul 11.00 WIB.

Setelah mendapat informasi ada napi yang melarikan diri berada di wilayah Gandrungmangu, ungkap Kapolres, selanjutnya pihak Unit Opsnal Reskrim Polres Cilacap membentuk tim yang terdiri dari Reskrim Distrik Sidareja dan Opsnal Reskrim Polres, serta dari Lapas Kelas II B Cilacap untuk melakukan pengejaran.

Dan hari Jumat (11/1/2019) Nur Hidayat berhasil dibekuk saat berada di rumah temannya, Misno di Desa Kamulyan, Kecamatan Bantarsari, Cilacap.

“Dari informasi tersebut tim bergerak cepat mengejar buronan tersebut, dan kami berhasil menangkap buronan itu di tengah perkebunan jagung,” ungkap Onkoseno.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Cilacap, Hasan Basri saat hadir di Mapolres Cilacap menjelaskan, kejadian bermula pada Rabu (9/1/2019) sekitar pukul 09.00 WIB, napi tersebut ditugaskan sebagai tamping luar yang bertugas mengatur parkir pengunjung lapas dan membersihkan halaman lapas sejak akhir Desember 2018.

“Saat disuruh foto copy, dia kembali, namun dia kembali lagi meminjam sepeda onthel milik lapas kepada teman tamping lainnya dengan alasan membeli korek,” katanya.

Ditambahkan, setelah ditunggu sekitar satu setengah jam tidak kembali, pihak lapas langsung mencari dan menduga napi tersebut kabur.

Berdasar catatan, napi yang buron tersebut divonis 2 tahun penjara dan ekspirasi 30 November 2019 atas perkara pencurian kendaraan bermotor roda 4. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *