Maspolin.id

12 Ribu Linmas Disiapkan Amankan Pemilu Serentak

Cilacap, Maspolin.id – Dalam rangka pengamanan Pilkades, Pileg, dan Pilpres tahun 2019, Polres Cilacap menggelar Apel Linmas se-Distrik Kroya di Alun-alun Kecamatan Kroya, Selasa (22/1/2019) pagi.

Apel dihadiri Forkopimcam se-Distrik Kroya, Bawaslu Kabupaten Cilacap, Panwascam se-Distrik Kroya, kepala dinas instansi, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta gabungan 3.500 anggota Linmas, Polri, dan TNI.

Dalam apel juga dilaksanakan penandatanganan berita acara penyerahan Linmas dari Bupati Cilacap kepada Kapolres Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengucapkan terimaksih kepada seluruh anggota Linmas dan unsur terkait yang mendukung terlaksananya apel Linmas Distrik Kroya.

“Apel Linmas ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam melaksanakan pengamanan Pilkades, Pileg, dan Pilpres tahun 2019,” ucap Kapolres.

Djoko menambahkan, Apel Linmas sengaja dibuat per distrik karena jumlah penduduk dan wilayah Kabupaten Cilacap yang cukup luas, sehingga apel kesiapan Linmas dilaksanakan per distrik.

Menurut Kapolres, pihaknya telah mempersiapkan sedini mungkin tentang kesiapan dari Polri dan pemerintah daerah bersama pelaksana Pemilu, khususnya anggota Linmas, baik sarana maupun prasarana karena memang dibutuhkan banyak personel Linmas terutama pada saat Pileg dan Pilres yang naik dua kali lipat sebanding dengan jumlah TPS yang ada.

Sebagai keamanan di TPS, lanjut Kapolres, anggota Linmas harus bisa membina soliditas dan integritas dengan anggota Polri dan TNI, sehingga diharapkan bisa memahami ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam pengamanan Pilkades, Pileg, dan Pilpres, pihak Polres Cilacap dibantu unsur TNI yang menyiapkan personel pengamanan sejumlah 200 orang dengan dibantu 12.000 personel Linmas.

“Jangan terpancing isu dan hasutan orang yang tidak bertanggung jawab dan hindari kesalahpahaman yang dapat memicu permasalahan baru. Tujuan apel ini tidak lain untuk mempermudah dan menciptakan Pilkades, Pileg, dan Pilpres di Kabupaten Cilacap yang aman dan damai,” imbuh Kapolres.

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji yang diwakili Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mengatakan, pelaksanaan Pilkades, Pileg, dan Pilpres adalah hajat semua unsur masyarakat, bukan hanya Polri, TNI, dan pemerintah daerah. Bahkan sampai ke tingkat desa dengan adanya Linmas yang terlibat dalam kegiatan apel hari ini.

“Kegiatan apel ini merupakan wujud kesiapsiagaan dengan penyerahan personel Linmas kepada Polri untuk ikut pengamanan dengan koordinasi dan kerja sama dengan Polres Cilacap,” kata Syamsul.

Bentuk sukses penyelenggaraan Pilkades, Pileg, dan Pilpres, menurut Wabup, merupakan tanggung jawab bersama dan pihaknya berkeyakinan di Kabupaten Cilacap (akan berlangsung) aman, sejuk, dan damai. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *