Maspolin.id

Danramil dan Babinsa Dampingi Panen Raya Jagung di Kutawaru

Cilacap, Maspolin.id – Guna memaksimalkan ketahanan pangan di wilayah kota, Danramil 01/Kota Cilacap, Kapten Kav Nursohib Ansori dan Babinsa Kelurahan Kutawaru, Serda Dalmuji turun langsung membantu petani saat panen jagung di Dusun Cigintung, Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Rabu (30/1/2019).

Panen jagung di lahan seluas 10 hektar ini milik Poktan Jagung yang diketuai Triyono dan ditanami bibit jagung jenis hibrida Pioneer P-36 dilakukan langsung kelompok tani bersama Danramil, Lurah Kutawaru, PPL, Perhutani, PT Dupont, dan Babinsa.

Berkat dukungan Koramil, Perhutani, dan PT Dupont selaku penyuplai bibit jagung unggulan, panen kali ini cukup melimpah.

Jagung jenis dikenal tahan bule dan lebih bagus, tahan terhadap penyakit, serta memiliki rendemen 79 persen dan umur sangat pendek, hanya 95 hari sudah bisa dipanen.

Saat dikonfirmasi, Danramil menuturkan, panen jagung di lahan seluas 10 hektar tersebut diperkirakan mencapai 11 hingga 12 ton/hektar. “Hasil panen ini tergolong bagus, mengingat pada masa pertumbuhannya saat musim kemarau ketika pasokan air sudah mulai berkurang,” ungkapnya.

Pendampingan yang dilakukan para Babinsa juga tidak terbatas pada panen saja, namun dilakukan mulai pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan, termasuk pendistribusian benih dan pupuk untuk petani.

Menurut Nursohib, semua ini dimaksudkan demi mensukseskan program ketahanan pangan menuju tercapainya swasembada pangan di wilayah.

Kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani ini diharapkan memiliki dampak positif dan mampu memotivasi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Sementara itu, Ketua Poktan Jagung, Triyono selaku kelompok tani jagung menandaskan, dirinya sangat bersyukur dengan hasil panen kali ini yang lumayan bagus. Dia menyambut gembira kehadiran Danramil Kota Cilacap dan Babinsa, Perhutani, serta pihak PT Dupont selaku penyuplai bibit jagung yang turut mendampingi dan membantu panen jagung di lahan miliknya.

Triyono juga menyampaikan terimakasih kepada TNI, khususnya Koramil 01/Kota Cilacap yang telah membantu untuk melaksanakan panen jagung ini.

Nursohib mengaku bangga dengan TNI yang selalu siap sedia membantu petani, walaupun dalam tugas dan tanggung jawab menjaga NKRI bisa menyempatkan diri berada di lahan jagung, berbaur dengan petani. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *