Maspolin.id

Serap Aspirasi Masyarakat, Pemdes Sambongrejo Gelar Musrenbangdes

Bojonegoro,Maspolin.id —Wujud keberhasilan budaya demokrasi dalam pembangunan di desa, adalah tingkat partisipasi masyarakat desa setempat saat dalam Musyawarah Rencana pembangunan Desa (musrenbangdes).

Hal itu terwujud di Desa Sambongrejo Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (29/01/2019) pukul 10.00 wib hingga selesai.

Desa terpencil yang terletak di ujung selatan Kabupaten Bojonegoro itu menunjukkan kualitas budaya bermusyawarah dalam melalui MusrenbangDes yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Setiap peserta yang hadir sangat antusias dalam memberikan masukkan sebagai upaya mewujudkan pembangunan.

Camat Gondang yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa pembangunan adalah yang awalnya tidak ada menjadi ada, baik secara fisik maupun nonfisik dalam hal apapun di desa.

” Pembangunan fisik itu mudah, asalkan ada usulan dan anggaran saya pastikan bisa terwujud,” Ujar Camat Gondang.

Sementara menurutnya pembangunan mental bagi warga masyarakat desa yang lebih sulit, dan membutuhkan waktu.

Hadir pula dalam acara tersebut dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) yang diwakili oleh Drs. Kamim.

Beliau sangat mengapresiasi usulan inovasi yang disampaikan oleh masyarakat, seperti pelatihan peternakan, pembangunan gedung PAUD, serta pelatihan – pelatihan untuk UMKM di desa. Selain dana dari ADD, kata Kamim, Desa juga bisa mengambil CSR dari perusahaan.

” Bisa untuk tambahan dana pembangunan jika menghendaki dari CSR,” ujar Kamim.

Kepala Desa Sambongrejo Eko Prasetiyono menyampaikan terimakasih terhadap masukkan dari Dinas maupun Camat, serta dari masyarakat yang sudah antusias dalam hal pembangunan di desa untuk tahun 2020 mendatang.

Desa Sambongrejo juga terkenal dengan wisatanya, yaitu wisata Bukit Tono (Buton), Watu Gandul, dan yang terbaru akan dibangun Taman Rondomori.

Pembangunan di bidang pariwisata juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat Desa. Selain itu juga memberikan sumbangan bagi pendapatan asli Desa (PAD).

” Kita berharap Sambongrejo bisa menjadi ikon Desa Wisata di wilayah Bojonegoro,” Kata Kades.

Kepala desa juga menekankan pembangunan dari sisi budaya. Budaya sebagai identitas dan warisan dari leluhur juga harus dilestarikan sebagai keunikan tersendiri yang dimiliki desa.

Desa wisata harus didukung dengan kemajuan budaya di desanya. Ada beberapa usulan mengenai hal itu diantaranya adalah memberikan fasilitas kepada kelompok kesenian di desa dan membuat peraturan Desa yang terkait dengan kebudayaan di Desa.

” Setiap tahun di desa ini diadakan grebeg Suro yang selalu dihadiri oleh perwakilan dari keraton Solo. Harapanya pemerintah kabupaten lebih mendukung dengan upaya pembangunan di Desa Sambongrejo terkait wisata.” pungkasnya.

Gondrong/Zul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *