Maspolin.id

Cegah DBD, Personel Koramil Kroya Berantas Sarang Nyamuk

Cilacap, Maspolin.id – Mengantisipasi munculnya penyakit demam berdarah Dengue (DBD), Danramil 03/Kroya Kapten Inf Tugirun menerjunkan personel Babinsa bersama bidan desa, petugas kesehatan Puskesmas Kroya 1, dan dua petugas dari Kecamatan Kroya serta masyarakat untuk membersihkan sarang nyamuk di kediaman masing-masing.

Sasaran kali ini adalah di Dusun Gintung RT 02 RW 01, Desa Ayamalas, Kecamatan Kroya.

Kegiatan ini merupakan upaya memutus siklus berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyebabkan DBD.

“Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga, terlebih saat musim penghujan dimana banyak air menggenang di selokan-selokan, kaleng, botol bekas atau barang-barang bekas lainnya yang dijadikan tempat bersarangnya jentik-jentik nyamuk. Bila tidak dibersihkan, maka nyamuk akan berkembang biak lebih cepat,” ungkap Danramil 03/Kroya Kapten Inf Tugirun, Minggu (3/2/2019).

Sementara Babinsa Ayamalas, Sertu Sartono mengimbau warganya agar selalu cek bak mandi, penampungan air, agar bisa terdektesi sejak dini bila terdapat jentik nyamuk.

Warga juga untuk tidak membuang sampah sembarangan, mengubur kaleng- kaleng bekas, membersihkan saluran pembuangan air agar tidak menjadi sarang nyamuk, atau tempat berkembang biaknya nyamuk.

Sementara Kepala Puskesmas Kroya 1, dr. HR Pujianto Basuki memberikan apresiasi kepada Babinsa, bidan desa, dan warga yang cepat tanggap dan segera menindaklanjuti keluhan adanya warga yang terindikasi terserang DBD, dengan melaksanakan pembersihan sarang nyamuk agar tidak terjadi jatuh korban karena DBD. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *