Maspolin.id

Lakukan Terobosan, Korem 071/Wijayakusuma Sosialisasi Pupuk Cair Wijayakusuma Nutrition

Tegal, Maspolin.id – Program pemerintah di bidang ketahanan pangan, dalam pekan-pekan terakhir menghasilkan beberapa inovasi dan terobosan.

Seperti Korem 071/Wijayakusuma. Korem yang berlokasi di Sokaraja, Banyumas, ini melakukan terobosan dengan memanfaatkan alam untuk dijadikan pupuk organik cair.

Upaya ini merupakan wujud untuk membantu pemerintah dan Kementerian Pertanian.

Untuk itu, Korem 071/Wijayakusuma gencar menggelar sosialisasi Pupuk Wijayakusma Nutrition di wilayah Kodim jajaran, seperti di Kodim 0712/Tegal, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

Manfaat Pupuk Wijayakusuma Nutrition dalam bentuk cair ini bisa menjaga kelestarian dan tanah, aman, dan bebas dari bahan kimia campuran pupuk. Karena pembuatan dan proses kimia yang ada dalam pupuk terbentuk dan bereaksi secara alami dari bahan-bahan organik.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari SE MM mengatakan, di Kodim 0712/Tegal sendiri ada program serapan gabah dan upaya khusus (Upsus).

Dalam Upsus, Kodim menggandeng para ahli di bidangnya.

Sedangkan Pupuk Nutrition Wijayakusuma bisa memperbaiki tingkat kesuburan tanah yang sudah rusak dengan kimia segala macam ini. Dalam hal ini, Kodim Tegal juga akan bikin terobosan dan akan bekerja sama dengan Pemkab Tegal dan Dinas Pertanian Tegal.

“Mari kita ajak masyarakat. Tentu harus ada percontohan dan perbandingan, jadi masyarakat akan melihat, dan kita bersifat seobyektif mungkin. Masyarakat akan menilai, sehingga dapat melihat kualitas pupuk yang luar biasa organik dan murah. Harapannya ekonomi masyarakat pertanian akan meningkat pesat. Jangan setengah-setengah,” papar Dandim.

Penggunaan pupuk ini, manfaatnya terhadap kesehatan dengan hasil beras organik benar-benar aman untuk dikonsumsi dan bebas dari residu bahan kimia yang dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan.

Sebab, Pupuk Wijayakusuma Nutrition ini dapat menjadi solusi bagi efek penggunaan bahan kimia dalam bentuk pupuk dan nutrisi lainnya.

Selain itu, pupuk Wijayakusuma ini memiliki fungsi multiguna, diantaranya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tanaman serta dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman.

Pupuk Wijayakusuma Nutrition juga bisa meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit, serta memicu pertumbuhan tanaman dan akar, merangsang pengumbian, pembuangan, dan mengurangi kerontokan pada buah serta bunga, dan dapat meningkatkan perkembangan mikroorganisme pada tanah yang bermanfaat pada tanaman.

Sementara Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardhie mengatakan, saat ini kita kalah dalam persaingan untuk bidang pertanian dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam, Thailand untuk berproduksi.

“Contohnya durian, yang sebenarnya di Kabupaten Tegal itu enake pol. Tapi kenapa kok masih banyak yang suka dari luar,” terang Ardhie.

Untuk itu, Wabup Ardhie Wakil mengapresiasi dan sangat senang dengan adanya terobosan program-program inovasi seperti ini, yang menurutnya sudah dibuktikan oleh beberapa pihak, bahwa akan mempercepat dan menyehatkan kembali tanah yang sudah rusak.

“Ini jelas satu kebutuhan yang sangat penting apabila memang kemudian nanti dibuktikan di Dinas Pertanian, di taman tehnologi pertanian kita, kita akan sediakan sedikit tempat untuk demo, untuk kita coba. Apabila terbukti berhasil akan kita kembangkan ke daerah lain,” jelas Ardhie. (Estanto/Pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *