Maspolin.id

Tim Redaksi Maspolin Tuban Adakan Ngopi Bareng Warga Net Tuban

TUBAN, maspolin.id – Masyarakat Jawa mengenal cangkrukan sebagai istilah nongkrong yakni ngobrol santai bersama 3 atau 4 orang lainnya. Cangkruk atau cangkrukan bisa dilakukan dimana saja. Di gubug sawah, warung kopi atau bahkan di pinggir jalan sekalipun. Biasanya, cangkrukan tak lengkap tanpa suguhan secangkir kopi.

Sebagian orang menganggap kopi inilah yang bisa memantik ide dan tema obrolan yang seakan tiada habisnya dari cangkrukan itu sendiri.

Di Kabupaten Tuban, cangkrukan lebih banyak dilakukan di warung kopi. Sore selepas kerja, warung kopi biasanya dipenuhi oleh masyarakat dari berbagai golongan. Secangkir kopi seharga 2 ribu rupiah tak sebanding dengan ngobrol yang bisa berjam-jam.

Tapi itulah nikmatnya cangkruk. Berbagai masalah dibahas dengan cara berfikir sederhana khas masyarakat desa. Dari mulai masalah politik, korupsi, pemerintahan hingga soal sepele tentang pacaran dikupas habis versi obrolan warung kopi.

Tim redaksi (wono,red) menilai bahwa cangkrukan ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menggali informasi dan aspirasi masyarakat. Mendengarkan keluhan dan kesulitan warga untuk kemudian dicari solusi terbaik.

“Meskipun sekedar cangkruk dan minum kopi bersama, kita bisa mendapatkan beribu informasi. Sisi lainnya kita bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat”.

Oleh sebab itulah, saat saya (wono,red) melaksanakan cangkrukan atau ngopi bareng dengan rekan-rekan relawan dan warga net pada Sabtu (2/2/2019) malam mengadakan cangkrukan atau ngopi bareng di salah satu kedai “Bunda Sehatku” milik bu Ita yang berada di Desa Wotsogo, Kec. Jatirogo, Kab. Tuban, Kebetulan di tempat tersebut berkumpul para relawan dan warga net dari beberapa Kecamatan di Kab Tuban. Kesempatan itupun saya manfaatkan untuk berdialog dan menggali informasi.

“Mendengarkan curhat mereka, membahas perkembangan politik, soal pertanian, perekonomian, pilpres dan pileg 2019, bahkan curhat sampai masalah keluarga  ”.

Pada kesempatan tersebut saya sempatkan untuk menyampaikan sedikit pesan-pesan Kamtibmas khususnya menjelang Pilpres dan Pileg 2019, diharapkan warga net untuk berberan aktif membantu menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, kegiatan berlanjut dengan ngobrol ringan dan foto bersama.

Wono/Hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *