Maspolin.id

Hujan Lebat Sebabkan Tebing Longsor, Beberapa Kendaraan Tergelincir

Banyumas, Maspolin.id – Hujan lebat yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Banyumas semalam berakibat tanah longsor di tebing di Jalan Raya Banyumas-Kemranjen, persisnya di Perkebunan Krumput, Kamis (7/2/2019), sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Menurut Koordinator Tagana Kabupaten Banyumas, JawaTengah, Ady Candra, hujan lebat semalam mengguyur wilayah selatan Kabupaten Banyumas.

“Sekitar pukul 03.00 WIB terjadi tebing longsor di dua titik yang menyebabkan separuh jalan utama Banyumas-Kemranjen, itu tertutup tanah,” ucapnya.

Longsoran tanah gembur dan basah menyebabkan jalan menjadi licin, sehingga beberapa pengendara kendaraan tergelincir.

Longsoran pertama di Desa Karangrau, Kecamatan Banyumas. Yang kedua di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Banyumas.

Mendapat laporan adanya tanah longsor, pihak Polsek Banyumas, Polsek Kemranjen, dan Koramil Banyumas serta Koramil Kemranjen mendatangi lokasi, kemudian melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup. Selain itu, longsoran pertama juga langsung dibersihkan oleh personel tersebut.

Tagana Kabupaten Banyumas, BPBD, DPU Kabupaten Banyumas, dan Damkar Kemranjen turut membantu membersihkan material longsoran di titik kedua, yang volumenya lebih besar dengan cara disemprot dan memindahkan material longsoran menggunakan truk.

“Target utama pembersihan adalah menyingkirkan material longsoran dan sisa lumpur, agar pengguna jalan merasa nyaman melintasi jalan tersebut,” ungkap Ady. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *