Maspolin.id

Komsos, Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat

Cilacap, Maspolin.id – Komunikasi sangat penting untuk membangun konsep diri dalam mempererat tali silaturahmi, agar kelangsungan hidup memperoleh kebahagiaan, dan terhindar dari tekanan serta ketergantungan.

Melalui komunikasi, ada hal yang bisa saling menghibur dan memupuk hubungan kekeluargaan dengan orang lain.

Tak beda dengan tugas seorang Babinsa, yang memang harus selalu dekat dengan masyarakat di wilayah binaannya. “Babinsa harus selalu membantu dan memajukan kelurahan/desa binaannya,” kata Serka Ali Nurhadi, Babinsa Kelurahan Sidakaya pada Koramil 01/Kota Cilacap, Kamis (7/2/2019).

Dia terus melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan Ketua RW 01 Sidakaya, Turino SH.

Kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan rutin Babinsa kepada masyarakat binaannya agar mengetahui secara pasti gejolak atau perkembangan situasi yang timbul di wilayah binaannya, karena Kelurahan Sidakaya terdapat 15 RW, sehingga dalam melaksanakan kegiatan Komsos ini harus rutin dilakukan.

Turino mengatakan, apa yang sering dilakukan oleh Babinsa ini mendapat apresiasi yang tinggi dari warga binaannya. “Sebagai Ketua RW 01, dirinya tentu merasa senang karena peran aktif Babinsa di wilayahnya sangat berpengaruh kepada keamanan dan ketenteraman warga di kelurahan,” ucapnya.

Dia mengaku sangat senang dan bangga dengan peran aktif Babinsa, yang selama ini selalu memantau perkembangan situasi di wilayahnya, dan kehadirannya diakui oleh seluruh warga, sehingga tugas selaku Ketua RW sangat terbantu, khususnya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Menurut Ali Nurhadi, apa yang dilakukan merupakan bagian dari tugas, yakni memastikan keamanan dan ketertiban warga wilayah binaan.

Melalui kegiatan ini, selaku anggota TNI tentu ingin lebih dekat dengan warga, karena salah satu tujuan yaitu mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Kami ini lahir dari rakyat, bekerja untuk rakyat, dan nanti kembali menjadi rakyat. Sehingga apabila masyarakat merasa aman dan nyaman, itu menjadi salah satu kebanggaan,” ucap Ali memungkasi. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *