Maspolin.id

9 Pengungsi Rohingya Asal Myanmar Tersesat Di Sergai

Serdang Bedagai Maspolin id – Sembilan pengungsi Rohingya WNA asal Myanmar tersesat di Kabupaten Sergai, kedatangan Imigran asal Myanmar itu pertama kali ditemukan oleh Erwin Syahyar Lumban Tobing (46) sedang berdiri didepan warung kopi miliknya didusun XVI Desa Suka Damai Kecamatan Sei Bamban, Rabu (13/2). 

Merasa curiga dengan kehadiran orang asing itu, lalu Erwin memanggil Julianto (54) untuk bersama-sama menanyakan asal usul mereka, namun tidak ada jawaban darinya. Oleh warga kesembilan WNA asal Myanmar itu dikumpul diwarung tersebut, salah satu dari mereka mengatakan bahwa mereka berasal dari Myanmar. 

Setelah mendengar ucapan dari kesembilan Imigran asal Myanmar tersebut, lalu Erwin melaporkan kepada Kepala Desa Sei Bamban, atas kehadiran Imigran asal Myanmar ini. Oleh Kepala Desa temuan Imigran ini langsung diteruskan ke Polsek Firdaus, kemudian personil Polsek Firdaus bersama Sat IntelKam Polres Sergai menuju kelokasi. 

Selanjutnya, kesembilan WNA asal Myanmar ini digiring ke Mapolres Sergai guna dilakukan pendataan di Sat Intelkam Polres Sergai. Dari hasil pendataan itu diketahui 3 WNA asal Myanmar itu itu memiliki kartu identitas dari UNCR dan 2 unit Hp, bahwa kesembilan WNA asal Myanmar ini adalah pengungsi Rohingya yang berasal dari Aceh, melarikan diri menuju Medan lalu pergi menuju ke Kabupaten Sergai.

Kapolres Sergai AKBP H Juliarman Eka Putra Pasaribu S.Sos, SIK, MH mengatakan, kesembilan WNA asal Myanmar ini adalah pengungsi Rohingya yang berasal dari Aceh yang tersesat di Kabupaten Sergai. Adapun nama kesembilan Imigran Rohingya asal Myanmar ini adalah 1.Roshid Ahmad (28) 2.Mohamad Solim (27) 3.Mohamad Idris (24) 4.Abdul Mabud (16) 5.Nur Islam (15) 6.Mohamad Ayas (15) 7.Mohamad Salim (15) 8. Mohamad Taker (17) 9.Habes Mohamad Ismail (18).

Dikatakan, Kapolres AKBP Juliarman dari kesembilan pengungsi Rohingya ini tidak ada yang mengerti dengan bahasa Inggris apalagi bahasa Indonesia.

” Jadi sempat bingung kita dibuat mereka apa tujuannya datang kesini, lalu kemudian kita kordinasi dengan Pemkab Sergai melalui Kesbangpol untuk mengantar mereka ke RUDENIM yang ada di Belawan,” kata Kapolres AKBP Juliarman.

Selanjutnya, kesembilan Imigran Rohingya asal Myanmar ini diantarkan ke RUDENIM yang berada di Belawan mengunakan Bus milik Pemkab Sergai, terlebih dahulu dibuat berita acara serah terima orang asing yang diserahkan Sat Intelkam Polres Sergai kepada Pemkab Sergai melalui Kesbangpol yang diterima oleh Kaban Kesbangpol Sergai Drs H Purba Siregar MSi.

(Surya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *