Maspolin.id

Jelang TMMD, Kodim dan Pemkab Gelar Rakor

Cilacap, Maspolin.id – Menjelang dimulainya TMMD Sengkuyung Tahap I di Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan TMMD Sengkuyung Tahap I dengan instansi terkait, di Aula Satya Kartika Makodim Cilacap, Kamis (14/02/2019) lalu.

Rakor dipimpin Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto SE MTr (Han), Kepala Dispermades Cilacap, Achmad Arifin Santosa R SH MM, dan Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintahan, Drs Dian Setyabudi MM, Pasiter Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf Marjono, Danramil 17/Dayeuhluhur, Kapten Inf Umar Hutapea, OPD, BUMN/BUMD, Forkopincam Dayeuhluhur, 9serta Kepala Desa Dayeuhluhur.

Rapat ini bertujuan menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I di Kabupaten Cilacap Tahun 2019, mempersiapkan pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung I Tahun 2019, meminta informasi Program/Kegiatan OPD, BUMN/BUMD, swasta, yang dapat disosialisasikan dalam mendukung pelaksanaan TMMD dan menginformasikan rencana kegiatan baik fisik maupun nonfisik.

Dandim mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan program kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Desa Dayeuhluhur dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keterbatasan infrastruktur dan sarpras,” ucap dia.

Direncanakan, pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I akan dimulai pada 26 Februari 2019 mendatang.

Kegiatan TMMD merupakan sarana mendukung pelaksanaan pembangunan nasional melalui percepatan pembangunan daerah yang berbasis pembangunan penduduk kewilayahan.

Selain itu, kata Dandim, kegiatan TMMD ini sebagai sarana untuk mendorong peningkatan kehidupan bermasyarakat melalui upaya peningkatan sarana umum yang bisa mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta mendorong akses masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan, dan pembangunan, juga meningkatkan kualitas hidup dan daya saing pendapatan melalui pemberian penyuluhan, keterampilan, dan bintek.

“Kita membuka keran selebar-lebarnya kepada seluruh instansi maupun stakeholder yang ada di Kabupaten Cilacap, untuk bersama mendukung kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I yang akan dilaksanakan di Desa Dayeuhluhur,” ungkap Dandim.

Melalui rapat ini, diharapkan ada masukan atau program yang bisa disinergikan dengan kegiatan TMMD, atau bantuan-bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat yang ada di Desa Dayeuhluhur.

Sementara, menurut Dian Setyabudi, pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I ini sesuai informasi hasil rapat koordinasi di Bappeda Provinsi Jawa Tengah pada 31 Januari 2019.

Dian menambahkan, rencana pelaksanaan kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan makadam dengan volume 1.150 x 3 meter, pembangunan MCK 2 unit, pembangunan gorong-gorong 3 unit, pembangunan drainase 95 meter, serta pembangunan pendukung TMMD berupa pemugaran RTLH sebanyak 20 unit.

Sedangkan rencana kegiatan nonfisik, meliputi penyuluhan pertanian, peternakan, perkebunan, penyuluhan kesehatan, pengobatan gratis, penyuluhan bela negara, kamtibmas, penyuluhan tentang bencana alam, narkoba, pembuatan akta kelahiran gratis, pengobatan ternak gratis, pelayanan perpustakaan keliling, dan pembinaan administrasi kearsipan. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *