Maspolin.id

Penataan Lahan AURI Suryadarma Hampir Rampung

Purwakarta. Maspolin.id – Lahan seluas 17,8 hektar milik TNI AURI Lanud Suryadarma Subang di Desa Cikopo Kampung Krajan, Rt 06. Rw 03 Kecamatan Bungursari, terpantau sejak pertengahan 2018 hingga sekarang 2019 proyek pengerjaan penataan lahan terus dilakukan.

Menurut salah seorang pelaksana pengerjaan proyek AURI Cikopo Karim (27) kepada Maspolin mengatakan, karena kontur lahan milik AURI Lanud Suryadarma berbukit dan bergelombang, sehingga perlu dilakukan perataan atau penataan, dalam prosesnya penataan lahan tentunya ada kelebihan tanah dan itu harus di buang keluar, dalam praktek proses pembuangan kelebihan tanah tidak dijual belikan akan tetapi kompensasi untuk biaya operasional diantaranya biaya kebersihan, kontribusi lingkungan dan operasional alat berat, itupun oleh pihak ketiga, karena Pihak AURI sudah menyerahkan pengerjaan ke pihak ketiga.

“Pengerjaan lahan AURI ini, kita kerjasama sebagai pihak ketiga, kita meminta kompensasi kepada mitra untuk membuang kelebihan tanah, proyek ini hanya tinggal beberapa minggu lagi, dan sekarang sudah dibangun lapangan helipad dan selanjutnya akan membangun saluran drainase, dan pengecoran jalan,” ujar Karim.

Sementara, Ketua tim aset Lanud Suryadarma, Kolonel AU Budhi Ariva Chaniago di lokasi proyek, Sabtu (16/02) mengatakan, ” Maksud dan tujuan pelaksanaan optimalisasi terhadap aset tanah TNI AU di Desa Cikopo, pada dasarnya bertujuan untuk mengamankan aset milik Negara berupa tanah yang sebelumnya ada penguasaan dari pihak – pihak yang tak berhak,” ujar Budhi.

Masih kata Budhi, “Dan sekarang ini lahan tersebut dalam proses penyiapan untuk penggunaan serta pengembangan guna kepentingan TNI AU pada masa mendatang, adapun kedepanya dalam hal sektor ekonomi tentunya akan kerjasama dengan pemda Purwakarta,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *