Maspolin.id

Ribuan Pohon Ganja Dilahan Perhutani Purwakarta

Purwakarta. Maspolin. id – Tanaman ganja sejumlah 1.300 batang siap panen berhasil disita Satuan Gabungan Satres Narkoba Polres Purwakarta bersama Satres Narkoba Polresta Jogjakarta. Tepatnya di atas lahan milik PERHUTANI ( BUMN ) di Kp. Parang Gombong Rt 014/003 Ds. Kutamanah Kec. Sukasari Kab. Purwakarta.

Selain mengamankan ribuan batang pohon ganja siap edar, Polisi juga berhasil meringkus satu orang terduga penanam tanaman haram tersebut.

” temuan ini bermula dari hasil investigasi dan interogasi Satnarkoba Polres Jogyakarta Jawa Tengah. Dari hasil keterangan tersangka saat diringkus di jogya, ditemukan informasi jika pelaku menjual barang haram jenis Ganja tersebut hasil tersangka menanam di Kec Sukasari kab Purwakarta. Dari keterangan itu, kami Satnarkoba Polres Purwakarta bekerjasama mencari ladang tersebut dan alhamdulillah berhasil ditemukan, ” ungkap AKP herry Nurcahyo Kasat Narkoba Polres Purwakarta dihubungi minggu ( 17/02).

Polisi Jogyakarta sebelumnya berhasil meringkus 100 paket Ganja kering siap pakai dari Tersangka S bin T ( 40 ) warga Kp Gintung Ds Gintujg Kab Karawang. Dari hasil penangkapan itulah, Polis kemudian mengembangkan asal usul barang haram tersebut.

” Pada hari Sabtu Tgl 16 Februari 2019 sekira pkl. 15.30 wib telah dilaksanakan pengembangan perkara TP Narkoba dari Polresta Jogjakarta, dari hasil interograsi didapat keterangan bahwa Tsk menanam ganja di Kp. Parang Gombong Rt 014/003 Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta.

Tkp awal Polresta Jogjakarta telah menemukan100 paket Ganja di wilkum Polresta Jogjakarta kemudian di kembangkan ke Klari kab. Karawang. Didapatkan BB ganja sebanyak 100 paket Ganja dari hasil intrograsi di dapat keterangan bahwa Tersangka Semenjak 4 tahun yang lalu menanam ganja di daerah pangkalan Karawang.” jelas Herry.

Berupaya mengelabui petugas, tersangka diketahui kerap berpindah tempat menanam Ganja. Kemudian akhirnya Polisi berhasil meringkus tersangka saat tersangka berkebun ganja di wilayah Kp. Parang Gombong Rt. 14/03 Ds. Kutamanah Kec. Sukasari Kab. Purwakarta.

” dari hasil sementara, tersangka memulai menanam gania di purwakarta sejak bulan Desember 2018. Dan dikebun yang baru tersebut Tersangka mengaku menanam 1.300 batang pohon ganja dengan menggunakan pelastik Polybag hitam, ” lanjutnya.

Selanjutnya dari informasi yang berhasil dihimpun dari lokasi, Tim gabungan polres purwakarta dan polresta Jogjakarta melaksanakan giat , Pam Barang Bukti
, Dokumentasi Tkp dan Barang bukti kemudian Mengangkut Barang bukti dari lokasi ke pinggir jalan selanjutnya untuk di naikan dan di angkut menggunkan truk untuk diamankan.

Dihubungi terpisah, Kepala Humas Perhutani Purwakarta Eri H mengaku pihaknya tengah melakukan investigasi ke tkp. Tentang bagaimana mulanya lahan milik negara tersebut digunakan menanam ganja tanpa diketahui meski telah berlangsung lama dan menggunakan lahan yang cukup luas.

” iya pak, pihak Perhutani sudah melakukan investigasi ke lokasi, ” ujar Eri melalui sambungan seluler.

Dan untuk keterangan berapa luas lahan yang digunakan dan Apa tindakan dari perhutani pada lokasi tersebur , apaakah akan di siagakan petugas, atau tindakan antisipasi lainnya. Pihak Perhutani akan melalukan pendataan dan cek lokasi lebih detail.
” lagi di cek lokasi dan akan di cross data pastinya. Namun yang pasti, atas nama Perhutani kami cukup terkejut, ” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *