Maspolin.id

BABIBINSA Kelurahan Serengan Aktif Mengikuti Kegiatan Posbindu di Wilayah Binaanya

Surakarta(Maspolin. Id) – 23 Februari 2019, BABINSA Kelurahan Serengan KORAMIL 03 Serengan KODIM 0735/Surakarta Sertu E.Lau We mengikuti kegiatan Program Posbindu PTM KARUNIA SEHAT di Aula panti Saroja Kelurahan Serengan Kec serengan kota Surakarta.

Kegiatan ini berintegrasi dengan Program Promkes, PIS PK, PTM dan Gizi, Puskesmas yang menyelenggarakan sebuah kegiatan inovasi percepatan meningkatkan derajat kesehatan berbasis masyarakat yang hidup sehat dan mandiri.

Diawali dengan adanya data PIS PK manual yang telah selesai terekap yang hasilnya  terdapat peningkatan kasus penyakit tidak menular (PTM) di wilayah kerja Puskesmas Kratonan.

Hasil assesment berbasis pendekatan keluarga yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif didapatkan bahwa penderita PTM masih banyak tidak mengenali gejala dan bahaya PTM. Sehingga setelah melalui beberapa kali diskusi dengan pihak Perkesmas kratonan yang dihasilkan ide inovatif untuk membentuk tim percepatan Program PTM yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Tim percepatan  memilih kader kesehatan (Posbindu PTM) dan tim penggerak PKK sebagai sasaran dalam meningkatkan aspek kognitif terkait PTM masyarakat di Kelurahan Serengan melalui pengecekan kesehatan secara kemandirian.

Kegiatan pengecekan Hipertensi yang dilakukan kader Posbindu dan Tim Penggerak PKK dilakukan selama 1 (satu) hari. Ibu Mulyoto SE ketua POSBINDU PTM beliau juga merupakan pemerhati dan penggiat kesehatan. Beliau berpesan bahwa Penyakit Tidak Menular sangat berbahaya karena kadang tidak menimbulkan gejala, sehingga di harapkan dengan adanya kegiatan ini TP.PKK dan Kader Kesehatan Kelurahan Serengan dapat memahami dan menularkan pengetahuan terkait PTM dan Tatakelolanya kepada semua warga masyarakat nantinya. 

(Pendim 0735 Surakarta Pns Agus Kemplu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *