Maspolin.id

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Terus Dampingi Panen Jagung

Cilacap, Maspolin.id – Guna mewujudkan program ketahanan pangan, Koramil jajaran Kodim 0703/Cilacap melalui para Babinsa terus melaksanakan pendampingan bersama PPL setempat.

Bahkan, para Babinsa turun langsung membantu para petani memanen hasil tanamannya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Serda Moch Ali Muchtar dan Babinsa Ujungmanik Koramil 09/Kawunganten, Sertu Mulyanto.

Bersama PPL kecamatan, mereka melaksanakan pendampingan panen jagung jenis Bisi 226 di wilayah binaan masing-masing, Jumat (22/2/2019).

Serda Moch Ali Muchtar memanen jagung di lahan seluas 50 hektar milik Kelompok Tani Muswo Bangun V di Desa Bengbulang, Kecamatan Karangpucung.

Sedangkan di tempat berbeda, Babinsa Ujungmanik Sertu Mulyanto memanen jagung jenis Bisi 226 dan P 35 di lahan milik Ketua Kelompok Tani Lestari Desa Ujungmanik, Rasito.

Dijelaskan Moch Ali Muchtar, hasil panen kali ini termasuk sangat baik, dan tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh petani dalam musim tanam hingga musim panen ini.

Dukungan bibit unggul serta bantuan pupuk dari Dinas Pertanian Trenggalek, Jawa Timur membuahkan hasil panen yang sangat memuaskan para petani.

Terkait pendampingan panen jagung ini, dirinya menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Babinsa di wilayah binaan, untuk memotivasi para petani agar terus bersemangat dalam bercocok tanam, demi terciptanya swasembada pangan.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa dan PPL, hasil panen di wilayah Kecamatan Karangpucung khususnya, terbilang memuaskan sehingga harapannya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Serda Ali.

Di tempat terpisah, hasil panen jagung BISI 226 di Desa Ujungmanik, Kawunganten hasilnya juga cukup lumayan.

Babinsa Ujungmanik Sertu Mulyanto menuturkan untuk panen kali ini hasilnya lumayan, yaitu mencapai 7,4 kg/2,5 M², artinya bila dikonversikan menjadi 6,51 ton/ha pipilan kering.

“Walaupun hasil ini masih kalah dengan panen jagung jenis yang sama di Desa Kalijeruk,” ungkapnya.

Semua pendampingan yang dilakukan Babinsa Koramil jajaran Kodim Cilacap tentunya memberikan dampak yang positif bagi para petani.

Baik dari panen maupun saat mengolah lahan, mereka tambah semangat dan termotivasi untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Ketua Kelompok Tani Bangun Muswo V, Muswo yang lahannya dijadikan pendampingan mengaku sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung ke sawah membantu petani, mulai dari menanam, memupuk, bahkan sampai panen jagung.

“Saya berharap pendampingan Babinsa terus dilakukan agar para petani di daerah ini lebih termotivasi lagi dalam menggarap lahan pertaniannya,” tuturnya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *