Maspolin.id

Kompak! Dandim dan Kapolres Bersama Amankan Kunker Presiden Jokowi

Cilacap, Maspolin.id – Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniarto SE MTr (Han) dan Kapolres Cilacap, AKBP Joko Julianto SIK MH, serta seluruh jajaran TNI dan Polri di Kabupaten Cilacap, kompak bersinergi memimpin pengamanan VIP/VVIP kunjungan kerja Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan di wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (24/2/2019).

Menurut Dandim, walaupun kegiatan pengamanan VIP/VVIP sudah sering dilakukan, namun hal tersebut jangan membuat lengah karena di dalamnya ada Presiden RI sebagai lambang negara yang wajib diamankan.

“Agar pelaksanaan pengamanan VVIP nanti berjalan aman dan lancar, sebelumnya perlu dilaksanakan apel gelar pasukan, dengan tujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap (Protap) VVIP, sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur dalam pelaksanaannya,” terangnya.

Dalam apel gelar pasukan, imbuh Wahyo, pengamanan sebagai sarana untuk koordinasi antar unsur yang ada di lapangan, sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya, bila terjadi kendala di lapangan dapat segera diatasi.

Dalam setiap pelaksanaan tugas pengamanan VVIP, Kodim 0703/Cilacap dibantu Polres Cilacap.

Sementara pemerintah daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara optimal.

Sehingga dengan adanya pengecekan melalui apel gelar pasukan mempertegas adanya kejelasan tugas, tanggung jawab dan rantai komando yang efektif dan efisien.

“Jangan ragu dalam bertindak, dan tingkatkan koordinasi secara optimal dengan seluruh unsur yang terkait serta cermati perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan dengan segera bila terdapat kejanggalan dalam pelaksanaan tugas,” tegas Wahyo.

Selain itu, Dandim Cilacap juga menyampaikan agar seluruh personel yang tergabung dalam Pengamanan VVIP selalu meningkatkan kewaspadaan, yaitu dengan meningkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain.

Dalam pengamanan ini, Dandim Cilacap menjelaskan ada ribuan personel anggota gabungan baik dari TNI maupun Polri, dibantu beberapa unsur pemerintah daerah yang tergabung dalam pengamanan tersebut.

Pihaknya berharap, sinergitas yang dibangun TNI-Polri dalam pengamanan ini tidak muncul gangguan yang berarti, sehingga pengamanan dapat berjalan aman dan kondusif. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *