Maspolin.id

TMMD Sengkuyung Tahap I Resmi Dibuka, Bupati: Hoax dan Bully Pemecah-belah Bangsa

Cilacap, Maspolin.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2019 di wilayah Kodim 0703/Cilacap resmi dibuka, Selasa (26/2/2019).

Upacara pembukaan berlangsung di lapangan Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bertindak sebagai inspektur ucapara, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Pria yang akrab disapa Tatto tersebut, juga menandatangani surat penyerahan proyek TMMD kepada TNI, sekaligus memberikan alat pekerjaan secara simbolis.

Membacakan amanat Gubernur Jawa Tengah, Tatto menjelaskan, pelaksanaan TMMD merupakan salah satu program lintas sektoral baik dari Kementerian, lembaga, Pemprov, Pemkab, dan masyarakat.

“Lokasi sasarannya ditempatkan di daerah terpencil, terisolasi, dan terpinggirkan,” paparnya.

Dengan adanya TMMD, pihaknya berharap, bisa membantu meningkatkan percepatan pembangunan pertumbuhan ekonomi di daerah, meningkatkan tarap hidup masyarakat, dan menurunkan angka kemiskinan.

Selain itu, lanjut Tatto, menempatkan desa sebagai subjek pembangunan, dimana desa dapat merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri, dan memberdayakan sendiri masyarakatnya.

Dia juga mengapresiasi program tersebut. “Dengan adanya program yang nantinya akan diselenggarakan oleh TNI, mampu meningkatkan pembangunan di wilayah Cilacap,” terangnya.

Harapan dari TMMD kali ini bisa disisipkan program-program yang menggugah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme.

Ini penting mengingat maraknya hoax, bully, dan ujaran kebencian yang muncul di tengah-tengah kehidupan kita, dan berpotensi memecah-belah bangsa.

“Mari kita sadarkan masyarakat tentang arti penting persatuan dan kesatuan bangsa demi Indonesia Jaya. Kita ingin desa-desa di Jateng makin maju dan sejahtera, dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokalnya, yakni desanya maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakatnya komplet, SDM-nya makin berkualitas unggul, mandiri, serta punya spiritualitas tinggi, tidak ada narkoba, kreatif dan inovatif dan mempunyai karakter kebangsaan yang kuat. Mari bersama kita bangun Indonesia mulai dari desa,” tandas Tatto.

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Cilacap, unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, kepala OPD, unsur Forkopimcam Dayeuhluhur, para kepala desa, dan beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta, pelajar, ormas seperti FKPPI, Pemuda Pancasila, Persit KCK Kodim 0703/Cilacap, Bhayakari jajaran Polres Cilacap, beberapa undangan, dan masyarakat setempat.

TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2019 di wilayah Kodim 0703/Cilacap kali ini difokuskan untuk pembangunan di desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *