Maspolin.id

Bawaslu Kabupaten Jombang, Turunkan APK Milik Parpol Yang Membandel

Jombang(Maspolin.id) – Penertiban sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) jenis Billboard dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Jombang bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Jombang, Senin (04/3/2019) pagi.

APK jenis Billboard yang di tertibkan Bawaslu, ialah milik partai politik peserta pemilu 2019. Hal itu dilakukan, karena tidak diindahkanya peringatan Bawaslu terhadap parpol yang melakukan pelanggaran APK.

Salah satunya, seperti yang terlihat di Jl KH Hasyim Asy’ari, Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang, petugas Satpol PP Kabupaten Jombang, menurunkan APK jenis Billboard berukuran sekitar 7 meter tingginya dengan lebar 4 meter milik salah satu partai politik. Saat menurunkan, petugas dibantu menggunakan mobil crane milik dinas perhubungan Kabupaten Jombang.

Menurut anggota Bawaslu Kabupaten Jombang, David Budianto menjelaskan, hal ini sudah sesuai ketentuan, setiap peserta pemilu hanya diperbolehkan memasang APK Billboard maksimal dua. Jadi jika pemasangannya melebihi dari ketentuan, petugas akan memberikan tindakan tegas dengan menurunkan APK Billboard tersebut.

“Peraturan ini, sudah ditetapkan oleh KPU no 33 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu. Yakni, setiap Kabupaten peserta pemilu hanya diperbolehkan memasang dua Billboard, jadi yang melebihi dari dua, kita tertibkan,” jelasnya.

Sebelum melakukan penertiban, para peserta pemilu yang melakukan pemasangan pelanggaran APK Billboard, sudah diberikan peringatan oleh Bawaslu Kabupaten Jombang. Namun, mereka tidak pernah mengindahkan surat peringatan tersebut.

Sehingga, pada penertibannya petugas Bawaslu dan Satpol PP menemukan 4 APK Billboard dari 4 Kacamatan, di Kabupaten Jombang. Yaitu di Kecamatan Jombang, Kecamatan Mojoagung, Kecamatan Mojowarno, dan Kacamatan Jogoroto.

“Kami sudah lakukan sosialisasi dan surat peringatan sebelumnya, kepada parpol maupun peserta pemilu. Namun, peringatan itu tidak di respon sehingga APK Billboard kita tertibkan dan kita amankan di kantor Satpol PP Jombang,” pungkas David Budianto.

Jajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *