Maspolin.id

Sosialisasi Pembinaan Netralitas TNI pada Pileg/Pilpres 2019

Cirebon, maspolin.id

Korem 063/SGJ (Sunan Gunung Jati) menyelenggarakan sosialisasi Pembinaan Netralitas TNI pada Pileg/Pilpres TA. 2019 yang dilaksanakan di Aula Makorem 063/SGJ Jl. Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon, Senin, (04/03/2019).

Sosialisasi Pembinaan Netralitas TNI pada Pileg/Pilpres TA. 2019 ini sebagai pemateri Pasi Bhakti TNI Mayor Inf Zarkoni dan Pasi Binwanwil Sterrem 063/SGJ Mayor Inf Yuyum dan dihadiri oleh Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 063/SGJ, Persit KCK Koorcab Rem 063 PD III Siliwangi, Yon Arhanud-14/PWY, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Korem 063/SGJ.

Menurut Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi, sosialisasi ini dengan tema “Melalui pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI”.

Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi juga mengatakan, “Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres ini diatur dalam UU RI nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam pasal 2 pada hurup “d” antara lain ditegaskan bahwa TNI sebagai Tentara Profesional ialah tentara yang tidak berpolitik praktis. TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara yang lebih luas dibanding dengan sikap dukung-mendukung dalam suatu kepentingan kelompok tertentu dalam Pileg/Pilpres,” katanya.

Kolonel Arm Maryudi mengkhawatirkan apabila aparatur negara baik TNI maupun Polri memihak kepada salah satu calon maka dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya perpecahan dinegara yang pluralis ini.

“Mengingat begitu pentingnya sikap Netral TNI bagi soliditas Satuan dan pembangunan profesionalisme TNI, maka dalam pelaksanaan Pileg/Pilpres setiap Prajurit wajib menunjukkan sikap yang tidak memihak dan tidak memberikan dukungan kepada salah satu kontestan peserta Pileg/Pilpres, tidak menggunakan sarana-sarana infrastuktur / bangunan, sarana transportasi serta inventaris TNI lainnya untuk kepentingan kelompok tertentu dalam Pileg/Pilpres,” tegas Danrem.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada seluruh prajurit TNI khususnya anggota Korem 063/SGJ.

“Demi tetap terjaganya konsistensi Netralitas dengan melakukan sosialisasi dan pengawasan kepada seluruh Prajurit TNI agar tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dapat merusak komitmen dan citra TNI,” tutup Danrem 063/SGJ Kolonel Arm Maryudi.

(Penrem 063/SGJ dan Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *