Maspolin.id

Warnai Hari Jadi ke-163 Cilacap, Lomba Siskamling Kembali Digalakkan

Cilacap, Maspolin.id – Menjelang Hari Jadi ke-163 Kabupaten Cilacap tahun 2019, berbagai jenis lomba digalakkan oleh seluruh instansi pemerintah di Cilacap, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Seperti di Kecamatan Sidareja. Dalam peringatan Hari Jadi ini, kecamatan tersebut menggelar Lomba Siskamling, Kamis (7/3/2019).

Menurut informasi dari Danramil 11/Sidareja melalui Pelda Slamet Widada yang juga menjadi tim penilai Lomba Siskamling bersama Forkopimcam Sidareja.

Penilaian lomba ini difokuskan kepada Pos Kamling, yang meliputi ukuran Pos Kamling, bentuk ruangan, sarana kelengkapan pos, dan kemampuan personel dalam memahami tanda-tanda bahaya.

“Pemenang Lomba Pos Kamling di tingkat kecamatan ini nantinya mewakili Kecamatan Sidareja maju ke tingkat Kabupaten Cilacap dalam rangkanHari Jadi ke-163 Kabupaten Cilacap,” terang Slamet Widada di sela kegiatannya.

Menurut dia, perlombaan seperti ini tentu sangat baik guna menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

Bagi dia, sistem keamanan lingkungan (Siskamling) merupakan pengamanan swakarsa yang dilaksanakan masyarakat atas dasar budaya guyub dan gotong-royong yang menjiwai masyarakat, khususnya di wilayah permukiman, sehingga perlu dilestarikan dan dipertahankan di tengah-tengah masyarakat.

“Tidak hanya saat lomba saja, Siskamling harus terus digalakkan setiap saat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, sehingga masyarakat akan merasa aman dan terlindungi,” harap Slamet.

Selain di RT 05 RW 02 Dusun Cibenon, Desa Sidareja, penilaian Lomba Siskamling juga dilakukan di RT 04 RW 02 Dusun Tinggarjaya dan RT 02 RW 04 Dusun Sidamulya, Desa Sidamulya, Kecamatan Sidareja.

Dalam penilaian tersebut, selain Pelda Slamet Widada, juga ada Kapolsek Sidareja, AKP Agung Suginarto SH, Bhabinkamtibmas Aiptu Siswanto, Kasi Trantib Kecamatan Sidareja, Nanang, serta disaksikan kepala desa, perangkat desa, BPD, dan warga. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *