Maspolin.id

Dua Toko Konveksi di Cilacap Dilalap si Jago Merah

Cilacap, Maspolin.id – Kebakaran besar terjadi di Jalan Letjen Sutoyo RT 04 RW 14, Kelurahan Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2019) malam, sekitar pukul 23.30 WIB.

Dua toko konveksi, yakni Toko Sumatera, yang menjual peralatan menjahit dan toko pakaian yang bersebelahan, ludes dilalap api.

Peristiwa tersebut berawal dari suara ledakan yang terdengar dari Toko Sumatera, yang saat itu dalam keadaan kosong.

Menurut warga bernama Rojak (25), kebakaran terjadi berawal dari suara ledakan di dalam Toko Sumatera yang dalam keadaan kosong, tidak ada yang menunggu.

Saat itu, Rojak melihat tempat suara ledakan tersebut. Kemudian warga melapor ke polisi. “Setelah polisi datang, kepulan asap dan api membesar,” katanya, Minggu (10/3/2019).

Sementara, Tim Halilintar Polres Cilacap langsung merespon laporan warga dan menuju tempat kejadian, yang sebelumnya meneruskan laporan warga ke Mapolres Cilacap dan Sat Damkar Kabupaten Cilacap.

Selang beberapa menit, kendaraan water canon Polres Cilacap dan mobil Sat Damkar menuju TKP untuk memadamkan api.

Kobaran api juga menyambar toko alat musik dan toko pakaian di sebelahnya.

Beberapa saat sebelum api bisa dipadamkan, dua anggota Polres Cilacap yakni Bripka Aris dan Bripda Prayogo mengetahui ada salah satu orang yang masih berada di salah satu toko, dengan sigap langsung mengevakuasinya.

Dengan kesigapan tim pemadam kebakaran serta water canon Polres Cilacap, kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu tiga jam.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Perwira Siaga Bag Ops Polres Cilacap, Iptu Darmaji mengatakan bahwa untuk korban tidak ada, sementara untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Darmaji juga mengapresiasi kesigapan anggota Polres Cilacap dalam mengevakuasi satu orang yang terjebak dalam salah satu toko.

Pihaknya berharap kepada warga agar selalu mengecek kembali masalah listrik. “Jangan tumpuk steker listrik di saklar atau terminal yang dapat menimbulkan konsleting, dan jangan lupa mematikan semua alat elektronik usai digunakan, serta cek kembali penggunaan kompor gas,” ujar Iptu Darmaji.

Terpisah, Babinsa Koramil 01/ Kota Cilacap, Serka Ali Nurhadi mengatakan, bangunan toko tersebut milik Hengky yang dikontrak oleh Toko Sumatera dan toko pakaian jadi.

Disinggung kejadian tersebut, pihak Damkar menurunkan tiga unit mobil pemadam dan satu unit dari Pertamina RU IV Cilacap serta kendaraan water canon milik Polres Cilacap. Dan, api baru bisa dipadamkan pukul 02.00 WIB.

“Bangunan toko itu sebenarnya terdiri dari dua blok, tapi dijadikan satu tempat usaha yang berbeda. Informasi awal tidak ada korban jiwa. Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan,” ucap Ali.

Kerugian akibat kebakaran tersebut belum bisa diakumulasi, dan saat ini masih dihitung oleh masing-masing pemilik usaha tersebut. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *