Maspolin.id

Safari Bintal TNI Digelar di Cilacap

Cilacap, Maspolin.id – Guna mengoptimalkan pembinaan mental di jajaran TNI, khususnya di wilayah koordinasi Kodam IV/Diponegoro yakni Korem 071/Wijayakusuma, Lanal Cilacap, dan Lanud Jenderal Soedirman, digelar Safari Bintal TNI yang dibuka Danlanal Cilacap di Gedung RE Martadinata Lanal Cilacap, Jalan Kolonel Sugiono Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (13/3/2019) pagi.

Mengusung tema: Mental Tangguh Mencegah Pelanggaran, Meningkatkan Kinerja Satuan, kegiatan ini mendatangkan tim Pusbintal Mabes TNI yang dipimpin Letkol Caj Drs Wagirun.

Kegiatan ini diikuti anggota TNI dan PNS Korem 071/WK, Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Lanud Jenderal Soedirman, dan Yonif 405/Suryakusuma.

Juga turut serta dari Persit, Jalasenastri, Pia Argarini, Pepabri, Warakawuri, Persatuan Veteran Republik Indonesia (Piveri), Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), dan Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) wilayah Cilacap.

Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo dalam sambutan yang dibacakan Mayor Laut (PM) Okta Yudi P mengatakan, kegiatan pembinaan mental ini sangat berguna bagi prajurit guna meningkatkan etos kerja, kedisiplinan, dan profesionalisme sebagai prajurit dan PNS. “Begitu juga bagi para istri TNI sangat berguna untuk menambah wawasan guna mendukung tugas suami sebagai prajurit TNI,” ucap Okta.

Menurutnya, kepribadian tidak terlepas dari kualitas mental dan moral yang baik, dan hal itu merupakan syarat mutlak bagi Prajurit dan PNS TNI untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya secara optimal, serta mewujudkan kebahagiaan dalam rumah tangga.

Dia berharap, dengan kegiatan ini dapat membangkitkan kesadaran para anggota akan pentingnya memiliki sikap dan mental yang tangguh dalam rangka pelaksanaan tugas ke depan.

Dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kita, inbuhnya, sikap dan tekad untuk menampilkan karya dan kinerja terbaik adalah suatu tuntutan moral, karena dengan semangat kerja yang dilandasi mental rohani, mental ideologi kejuangan, dan mental psikis yang tangguh, akan mampu mengoptimalkan pencapaian tugas pokok yang kita emban.

Sementara, Letkol Caj Wagirun selaku ketua tim Pusbintal Mabes TNI menjelaskan berbagai bentuk pelanggaran yang sering dilakukan oleh anggota TNI.

“Semua itu tidak terlepas dari buruknya mental yang dimiliki oleh prajurit. Faktor yang mempengaruhi sikap dan mental tersebut, diantaranya karena pengaruh lingkungan global, kesadaran hukum atau aturan yang masih kurang, serta fungsi Bintal satuan yang belum optimal,” tegas Wagirun.

Ditambahkan, peran strategi mental adalah sebagai motor penggerak pengendalian tingkah laku dan etos kerja prajurit.

Hal itu mengapa pembinaan mental bagi prajurit TNI sangat penting. Dia berharap bahwa pembinaan mental terus dilakukan terhadap prajurit TNI, agar mereka memiliki mental yang tangguh, mencegah pelanggaran, serta meningkatkan kinerja satuannya.

Di akhir kegiatan diserahkan bantuan zakat UPZ UO Mabes TNI kepada para veteran, Warakawuri, dan anak yatim serta bantuan kitab suci Alquran kepada perwakilan masing-masing satuan. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *