Maspolin.id

Jembatan Penghubung Antar Kecamatan, Di Desa Karobelah Terputus

JOMBANG,Maspolin.id – Jembatan penghubung antar Kecamatan yang membentang diatas Sungai Gunting, di Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (20/3/2019) dini hari, terputus akibat pondasinya ambles.

Amblesnya pondasi jembatan, lantaran tergerus derasnya air sungai gunting pada sisi sebelah barat jembatan, tepatnya di Dusun Pulo, Desa Karobelah, Kecamatan Mojoagung, sekitar pukul 00.00 WIB.

Menurut Lutfi (38) warga setempat, ambrolnya pondasi jembatan terjadi pada tengah malam akibat tergerus air sungai gunting yang debitnya meningkat, lantaran curah hujan yang cukup tinggi sejak selasa sore hingga malam hari. Serta banyaknya tumpukan sampah yang menyangkut pada pondasi tengah jembatan.

“Akibat tergerus air sungai yang deras, serta numpuknya sampah yang menyangkut di pondasi tengah jembatan, sehingga ujung pondasi sebelah barat ambrol pada pukul 12 malam,” kata Lutfi.

Jembatan yang memiliki panjang 40 meter dengan lebar 1,5 meter ini, merupakan akses utama warga Dusun Nampan, Desa Kedungpapar, Kecamatan Sumobito, serta warga Dusun Pulo, Desa Karobelah, menuju ke Dusun/Desa Karobelah, Kacamatan Mojoagung, maupun sebaliknya.

Akibat putusnya jembatan penghubung antar dua Kecamatan ini, aktifitas warga pun terganggu. Warga terpaksa berputar sejauh satu kilometer ke lokasi tujuan, dengan menggunakan jembatan serupa di Dusun Tragal Timur, Desa Kedungpapar, Kecamatan Sumobito.

“Jembatan itu biasanya digunakan warga untuk melintas pergi ke pasar maupun mengantar sekolah anak-anak. Karena putus, terpaksa warga harus memutar lebih jauh menggunakan jembatan yang lain,” pungkas Lutfi.

Jajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *