Maspolin.id

Bojonegoro Dipilih Untuk Kegiatan Latsitardanus

Bojonegoro,Maspolin.id – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah berharap Latihan Integritas Taruna Nusantara (Latsitardanus) ke 39, para Taruna /Taruni dapat saling berkoordinasi dengan baik. Acara Latsidatunas ini diikuti matra dari Akmi, AAU, AAL, Akpol dan IPDN.

“Biar para matra saling berintegrasi dengan baik,” ujarnya di upacara penerimaan Satlak HIU Latsitardanus Ke-39 Tahun 2019 sore ini (1-4-2019) di Pendopo Malowopati Pemerintah Bojonegoro.

Hadir di acara itu, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Ketua DPRD, Komandan Kodim, Kepala Kepolisian Resort, Kepala Kejaksaan Negeri dan Ketua Pengadilan Negeri serta Dansat HIU Letkol Andry.

Anna Mu’awanah menyampaikan program Latsitarda (Latihan Integrasi Taruna Wreda) Nusantara ke 39 merupakan program terpadu dan lintas sektoral. Program ini dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI/Polri untuk membantu pemerintah daerah memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan menumbuhkembangkan mentalitas kejuangan, jiwa dan semangat integrasi Taruna/Taruni serta memupuk kemanunggalan TNI dan Polri. Juga dengan masyarakat sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan Negara.

Kapten Laut (KH) Warsito selaku perwira penerangan Satlak Hiu AAL mengatakan Latsitardanus Ke-39 Tahun 2019 di Bojonegoro, dilaksanakan selama 15 hari. Mulai tanggal 1 sampai 15 April 2019 yang diikuti oleh 312 personel. Terdiri dari 90 personel staf Satlak, 66 taruna Akmil, 30 Taruna AAU, 76 Taruna Akpol, 25 Praja IPDN. Juga ditambah sejumlah mahasiswa dari Universitas Airlangga, Universitas Hang Tuah Surabaya, ITS dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Warsito mengatakan kegiatan Latsitardanus Ke-39 ini beralokasi di tiga Desa di Kecamatan Bubulan. Yaitu Desa Cancung, Desa Clebung dan Desa Ngorogunung dengan program yang dijalankan. Yaitu pekerjaan fisik dan non fisik yang berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan masyarakat setempat.

Seperti melaksanakan kerja bhakti berupa pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH). Juga pembuatan bronjong tepi jalan longsor, pavingisasi jalan dan pembangunan saluran drainase.

Adapun untuk kegiatan non fisik bekerja sama dengan SKPD Pemerintah Bojonegoro berupa kegiatan penyuluhan. Seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, sadar hukum, bahaya narkoba, sosialisasi penanggulangan bencana serta memberikan layanan kesehatan dan donor darah.

Dalam rangkaian kegiatan Latsitadarnus Ke-39 Tahun 2019 ini juga dimerihakan dengan kegiatan FUN RUN, display Marching Band, Kirab Kota serta olah raga bersama masyarakat Bojonegoro yang akan dilangsungkan di alun-alun Bojonegoro pada tanggal 7 April 2019.

Agus/Hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *