Maspolin.id

Sekolah Gunung Gambaran Nyata Tanda-tanda Bencana

Cilacap, Maspolin.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap menggelar Sosialisasi Replikasi Sekolah Gunung.

Kegiatan ini digelar di Balai Desa Ciruyung, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019), dan dihadiri Babinsa Ciruyung, Koramil 15/Karangpucung, Sertu Moch Ali Muchtar.

Sosialisasi Replikasi Sekolah Gunung ini juga dihadiri Kepala BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto, Kepala UPT BPBD Majenang Edi Sapto Priyono, Kepala Desa Ciruyung Paryono beserta perangkatnya, BPD Desa Ciruyung, Tim Penggerak PKK Desa Ciruyung, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, Linmas, serta warga masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala BPBD Cilacap Tri Komara mengatakan, sekolah gunung ini merupakan upaya pemberdayaan sekaligus peningkatan kesadaran masyarakat tentang bencana, khususnya di wilayah masing-masing.

Dalam paparannya, masyarakat akan diberi materi tentang kebencanaan, mengenal tanda-tanda bencana, dan cara mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban.

“Harapannya mereka jadi tangguh, akan cepat mengenali, mengelola, dan bisa mengurangi risiko bencana,” tambah Tri.

Tri lantas mencontohkan, apabila gunung potensinya longsor, maka mereka akan paham tanda-tandanya ketika tanah retak, kalau hujan cek ke atas, dan bagaimana mereka mengevakuasi diri, dan sebagainya.

Sementara, terkait hal itu, selaku Babinsa, Sertu Moch Ali Muchtar sangat mendukung dengan apa yang akan dilakukan BPBD Cilacap dalam rangka mengurangi tingkat risiko bencana alam maupun kerugiannya.

Dia berharap agar kegiatan Sekolah Gunung ini dapat diikuti dengan baik oleh aparat pemerintahan desa maupun warga masyarakat, mengingat kondisi alam di wilayah Kecamatan Karangpucung khususnya merupakan wilayah yang rawan bencana alam dan tanah longsor. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *