Maspolin.id

Tanggul Sungai Jebol, Air Menerjang Hektaran Sawah Dan Merendam Tanaman Padi Siap Panen

Jombang,Maspolin.id – Diterjang arus deras sebuah tanggul sungai jebol, akibatnya air sungai menerjang dan merendam hektaran sawah di Dusun Juwet, Desa Kedunglosari, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Tanggul yang jebol, dan merendam empat hektare sawah beserta tanaman padi siap panen itu, lebarnya sekitar sembilan meter. “Dampaknya, akibat tanggul jebol air merendam tanaman padi yang siap panen seluas 4 hektar ini,” kata Poniman, Kepala Dusun Juwet, Kamis (11/4) siang.

Tentunya, akibat tanaman padi yang sudah siap panen itu terendam air, petani akan mengalami gagal panen dan kerugian yang cukup besar. “Untuk kerugian petani, ya mencapai ratusan juta kalau dari empat hektar sawah,” terang Poniman.

Poniman pun mengatakan, jika sampai saat ini belum ada bantuan dari pihak Kabupaten Jombang, untuk menangani peristiwa itu. Pihaknya mengaku, hanya menerima seribu lembar karung pasir dan gedeg gulung dari bambu untuk menutup tanggul yang jebol dari BPBD.

“Belum ada bantuan dari pemerintah, hanya ada dari BPBD bantuan karung untuk tempat pasir dan gedeg bambu,” jelasnya.

Terpantau dilokasi, puluhan warga bahu membahu mengangkat karung yang berisi pasir dan menancapkan patok dari bambu buat penahan karung pasir, untuk tanggul. Warga pun berharap, agar pemerintah tanggap dengan kejadian seperti ini.

“Warga berharap, agar pemerintah cepat-cepat tanggap. Karena ini masih ditangani warga Kedunglosari sendiri,” pungkas Poniman.

Jajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *