Maspolin.id

Apel Siaga Panwaslu: Jalin Sinergitas Sesama Panwas Agar Tercipta Pemilu Bermartabat

Cilacap, Maspolin.id – Bawaslu Kabupaten Cilacap kembali menggelar Apel Siaga Pemgawasan Pemilu 2019, Jumat (12/4/2019) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan di area wisata Benteng Pendem, Cilacap, dan diikuti sekitar 350 orang.

Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Kadisan dan Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori juga hadir pada acara tersebut.

Mengusung tema Bersama Rakyat Awasi Pemilu, kegiatan tersebut tampak meriah. Selain diikuti sekitar ratusan peserta, apel siaga juga dihadiri sejumlah pejabat dari instansi pemerintah dan dari Bawaslu, seperti dari Bawaslu Cilacap, yakni Ketua Bawaslu Bachtiar Hastiarto yang juga Komisioner Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Cilacap, Warsid, Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga, Erina Hastuti, Komisioner Divisi Organisasi dan SDM, serta Umi Fadilah, Komisioner Divisi Hukum, Data, dan Informasi. Hadir pula, para ketua Panwascam dan anggota se-Kabupaten Cilacap.

Membacakan sambutan tertulis Ketua Bawaslu RI Abhan, Bachtiar Hastiarto mengatakan bahwa pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh suka cita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab, dan puncak perayaan Pemilu 2019 akan dilaksanakan pada tanggal 17 April mendatang, dimana seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya.

“Pemilu kali ini merupakan pengalaman baru bagi kita, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden serta DPRD akan dipilih secara serentak,” katanya.

Aspek keserentakan dari pemilu kali ini, menjadi ujian besar Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang telah 11 tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat.

Menurut Abhan, sebelum memasuki hari pemungutan dan penghitungan dari tanggal 17 April, kita terlebih dahulu diperhadapkan dengan tugas mengawasi hari tenang yang dimulai tanggal 14 sampai dengan 16 April.

“Masa ini merupakan masa fase krusial dalam pelaksanaan pemilu, yang akan menguji integritas seluruh elemen bangsa, termasuk di dalamnya Bawaslu dan peserta pemilu,” urai dia.

Abhan kembali membeberkan, berdasarkan pengalaman kita baik pada agenda pemilihan kepala daerah maupun agenda pemilu sebelumnya, masa tenang cenderung diwarnai dengan praktik-praktik kecurangan, politik uang, propaganda isu SARA, penyebaran berita bohong untuk saling menjatuhkan di antara sesama peserta.

“Bahkan, tak jarang terjadi benturan kekerasan antar massa pendukung peserta pemilu. Praktik-praktik seperti ini tentu mengancam keutuhan bangsa,” tandas Abhan.

Apel Siaga Pengawasan pada Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Cilacap ini digelar dalam rangka pengecekan dan kesiapsiagaan anggota pengawas Pemilu 2019, khususnya di Kabupaten Cilacap serta menjalin sinergitas sesama pengawas Pemilu 2019 agar tercipta Pemilu yang bermartabat di wilayah Kabupaten Cilacap. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *