Maspolin.id

Salat Tarawih di Masjid Agung, Kapolres: Jalin Persatuan dengan Sesama Umat Beragama dan Antar Umat Beragama

Cilacap, Maspolin.id – Suasana salat Tarawih di Masjid Agung Darussalam, Cilacap, Jawa Tengah, menjadi lain ketika Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengisi kultum di masjid paling megah di Kabupaten Cilacap itu, Kamis (9/5/2019) malam.

Kapolres memberikan materi tentang keutamaan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Dia menjelaskan, puasa adalah sebagai jalan menuju takwa seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah 183 bahwa puasa diwajibkan bagi orang yang beriman agar bertakwa.

“Hikmah puasa adalah mengendalikan hawa nafsu dan menjaga kesucian diri, antara lain dengan melatih kejujuran, kesabaran diri, saling kasih mengasihi, saling tolong-menolong terhadap sesama, serta dapat menyehatkan tubuh,” ungkap Kapolres.

Menurut Djoko, pahala puasa sangatlah besar dimana Allah yang akan langsung memberikannya dengan melipatgandakan pahala bagi orang yang berpuasa dengan tanpa batas.

Kapolres juga mengingatkan, agar para jamaah mewaspadai ajaran kekerasan yang mengatasnamakan agama, seperti kelompok-kelompok radikal dan intoleransi yang membuat masyarakat menjadi saling curiga, saling membenci terhadap orang lain, hanya karena berbeda agama dan keyakinan.

Kelompok radikal dan teroris justru mengartikan jihad sebagai perang untuk memusuhi pihak yang berseberangan dan memerangi orang yang beda agama dianggap sebagai kebenaran. “Padahal, Islam melarang saling benci, saling fitnah, mengadu domba, dan saling bunuh karena Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin,” jelas Kapolres.

Di akhir kultumnya, Kapolres mengajak para jamaah untuk tetap menjalin persatuan baik sesama umat beragama maupun antar umat beragama agar NKRI tetap utuh dan jauh dari perpecahan. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *