Maspolin.id

Pemkab Gelar Rakor Kepala Daerah Lintas Sektoral Hadapi Idul Fitri 1440 H

Cilacap, Maspolin.id – Dalam rangka kesiapan dan pengamanan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 H tahun 2019, Pemkab Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah Lintas Sektoral di Gedung Graha Pemuda Bercahaya, Cilacap, Selasa (14/5/2019).

Rapat dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofiq Alfian, Lanal Cilacap Mayor (Laut) Okta, Kajari Cilacap Agus Sugianto Sirait, Ketua PN Cilacap Jon Effreddi, Kepala KSOP Kelas II Wigyo, para Camat se-Kabupaten Cilacap, serta perwakilan kepala desa yang berjumlah sekitar 180 orang.

Rakor dipandu Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, dimulai dengan paparan rencana pengamanan, dan paparan kesiapan ketersediaan sembako.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, sehubungan dengan pelaksanaan rakor, dia menyambut baik karena kegiatan ini dipandang positif dan bermanfaat. “Rakor ini dapat dijadikan sebagai media dan forum yang cukup strategis dalam rangka membangun komunikasi yang sistematis, koordinatif, dan sinergis antar lembaga perangkat daerah dan instansi terkait lainnya, utamanya dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang muncul terkait perayaan Idul Fitri 1440 H mendatang,” ucap Tatto.

Sementara, Kapolres Cilacap memaparkan kesiapan pengamanan Idul Fitri 1440 H dengan melaksanakan cipta kondisi untuk mewujudkan kamtibmas dengan mengantisipasi berbagai ancaman, diantaranya tindak terorisme, sabotase, sweeping ormas, perkelahian antar warga, pencurian toko maupun ATM, penyimpangan BBM, melonjaknya harga sembako, penyalahgunaan narkoba dan minuman keras, serta meminimalisir kecelakaan lalulintas.

Terkait pemantauan arus mudik, Polres akan menempatkan personel gabungan TNI dan Polri, dibantu personel dari Dishub, Jasa Raharja, PMI, Dinkes, Orari/RAPI, Senkom, PKS, dan Pramuka Saka Bhayangkara, di sepanjang rute yang dilewati pemudik.

Asisten II Sekda Cilacap Wasi Ariyadi mengatakan, Pemkab Cilacap terus berkoordinasi dengan SKPD terkait distribusi barang kebutuhan pokok, “Kami terus berupaya untuk mengontrol fluktuasi sembako dengan monitoring di pasar masyarakat, agar tidak melonjak dan terhindar dari inflasi karena banyaknya permintaan konsumen, sehingga pada saat Hari Raya Idul Fitri, harga sembako tetap stabil,” terang Wasi. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *