Maspolin.id

Tingkatkan Produktivitas Padi, Pupuk Wijayakusuma Nutrition Rambah Cilacap

Cilacap, Maspolin.id – Wijayakusuma Nutrition, pupuk organik lokal telah terbukti keandalannya. Setelah di-launching beberapa waktu lalu, kini pupuk tersebut dapat meningkatkan produktivitas padi.

Bersama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto, Kodim 0703/Cilacap dan Danramil Distrik Majenang melaksanakan panen perdana padi yang menggunakan Wijayakusuma Nutrition di demlot yang berada di RT 03 RW 03 Desa Mulyasari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2019).

Hadir pada panen perdana tersebut, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto yang diwakili Pasiter Kodim Kapten Inf Marjono, Kepala Dinas Pertanian Cilacap Supriyanto, Camat Majenang yang diwakili Kasi Trantib Darisman, Danramil se-Distrik Majenang, Kapolsek Majenang yang diwakili Aiptu Suyono, perwakilan Babinsa Distrik Majenang, Kades Mulyasari Tohari, dan para Gapoktan Desa Mulyasari.

Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto melalui Pasiter Kapten Inf Marjono mengatakan, pupuk Wijayakusuma ini merupakan pupuk organik yang dilengkapi dengan kandungan nutrisi untuk tanaman, aman, dan tidak mempunyai efek samping pada tanaman dan tanah, sehingga tanaman bisa berkembang secara maksimal dan menghasilkan panen yang melimpah.

Pupuk organik ini mampu mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil panen. “Terbukti setelah kita panen padi dengan pupuk Wijayakusuma Nutrition hasilnya lebih banyak dibandingkan dengan tanaman padi yang tidak menggunakan pupuk ini,” terangnya.

Selain itu, pupuk organik ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman, sehingga tidak merusak kesuburan tanah. Justru akan menetralkan tanah dari bahan kimia. Dengan demikian, hasil pertanian juga akan aman dan terbebas dari residu bahan kimia.

Marjono berharap, dengan hadirnya pupuk Wijayakusuma Nutrition ini bisa memberikan solusi, sebagai bentuk komitmen TNI dalam mensukseskan program pemerintah dalam mencapai swasembada pangan nasional.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap Supriyanto, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas kepedulian Kodim Cilacap di bawah pimpinan Letkol Inf Wahyo Yuniartoto telah memberikan kebijakan, yaitu tidak hanya dekat dengan petani akan tetapi memberikan contoh untuk memberikan nutrisi Wijayakusuma. “Dan ini kepedulian yang luar biasa,” ucapnya mantap.

Selain itu, Supriyanto juga mengucapkan terimakasih kepada Kodim karena sudah ada lahan demlot bagi masyarakat petani, sehingga petani bisa melihat wujud nyata, dan kepada para petani dan para penyuluh pertanian agar terus mensosialisasikan hal ini kepada para petani.

“Dari hasil ubinan tadi menunjukkan kenaikan timbangan yang sangat signifikan, harapannya penggunaan pupuk Wijayakusuma Nutrition ini terus disosialisasikan kepada para petani.Saya berharap, Kodim Cilacap memiliki lahan demlot yang lain sehingga petani melihat langsung, mencontoh langsung terkait manfaat penggunaan pupuk Wijayakusuma ini sehingga bisa diterima oleh petani secara umum di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim Cilacap yang telah memfasilitasi petani, memberikan inovasi bagi peningkatan kesejahteraan petani,” Supriyanto. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *