Maspolin.id

Pemuda Asal Gudo, Kuras Uang Mantan Majikannya Hingga Belasan Juta Dari ATM

Jombang, Maspolin.id – Ega Prayogo (20) pemuda asal Dusun Kwayuhan, Desa Pucangro, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Ngoro, Jombang. Pasalnya, pemuda tersebut diduga nekad mencuri uang belasan juta rupiah milik mantan majikanya, melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Tersangka berhasil ditangkap polisi, saat berada di rumah mertuanya yang berada di Dusun Jlopo, Desa Tebel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (17/5/2019) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB. Setelah petugas mendapatkan bukti dari rekaman CCTV, saat tersangka melakukan aksinya.

Kapolsek Ngoro, AKP Chairudin mengatakan, tersangka yang sebelumnya bekerja di rumah korban, terlebih dulu mencuri kartu ATM BRI milik mantan majikanya, yakni Sri Reni (39) warga Dusun Sumberejo Rt 01 Rw 01, Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

“Sebelumnya, tersangka pernah bekerja di rumah korban yang merupakan pemilik home industri roti tawar. Tersangka mengincar kartu ATM BRI korban, karena sudah mengetahui nomor PIN mantan majikannya itu,” kata AKP Chairudin.

Begitu kartu ATM BRI yang bukan miliknya sudah berada ditangan, tersangka pun langsung menuju sebuah ruang ATM yang berada di depan pabrik Venezia Bareng. Setelah sampai, tersangka pun melakukan penarikan uang di mesin ATM sebanyak 9 kali dan berhasil menguras uang korban hingga RP 18 juta rupiah.

“Dari 9 kali penarikan di mesin ATM, tersangka berhasil menguras uang korban sekitar 18 juta rupiah,” terang Kapolsek.

Sedangkan, korban mengetahui uangnya hilang karena di curi pelaku, pada hari Rabu (15/5/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Ketika korban akan mengambil uang ke bank menggunakan buku tabungan. Saat dirinya mengecek print out yang sebelumnya dia minta dari petugas bank, ternyata saldo tabungannya diketahui berkurang.

Karena korban tidak merasa melakukan transaksi penarikan, akhirnya korban pun melapor peristiwa itu ke Polsek Ngoro. Setelah mendapatkan laporan, Polisi segera melakukan penyelidikan, dan hasilnya Polisi mendapatkan bukti rekaman CCTV yang terpasang di ruang ATM tempat tersangka melancarkan aksinya.

“Korban mengetahui uangnya hilang, ketika akan mengambil uang ke bank menggunakan buku tabungan dan meminta print outnya, ternyata saldonya sudah berkurang. Sedangkan petugas kita, mengetahui pelakunya setelah mendapatkan bukti rekaman CCTV yang terpasang di ruang ATM tersebut,” jelas Kapolsek.

Dari dalam rekaman kamera pengintai itu, polisi melihat dengan jelas saat tersangka melakukan penarikan uang melalui ATM, dan langsung meringkus tersangka. Selain mengamankan tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti berupa, 1 unt HP merk Samsung type J5 warna gold dengan cashing warna hitam. Yang diduga, Handphone tersebut dibeli tersangka dari uang hasil pencurian.

Bahkan, selain barang bukti diatas turut diamankan pula buku tabungan BRI an Sri Reni, 1 jaket jemper warna abu-abu yang pada bagian depan ada tulisan “Single Woles”, dan helm standart warna krem merk Max, serta foto rekaman CCTV dari ATM BRI Bareng.

“Untuk tersangka, saat ini sudah kita tahan di Mapolsek Ngoro guna pemeriksaan lebih lanjut. Dan tersangka akan dijerat Pasal 362 KUHP tentang Tindak Pindana Pencurian,” pungkas AKP chairudin.

Jajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *