Maspolin.id

Peringatan Harkitnas ke-111 Digelar dengan Upacara Bendera

Cilacap, Maspolin.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Jawa Tengah, menyelenggarakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 dengan upacara bendera di Alun-alun Cilacap, Senin (20/5/2019).

Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto hadir pada upacara tersebut bersama unsur Forkopimda lainnya.

Selaku inspektur upacara, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, komandan upacara Kapten Inf Sueb yang juga Danramil 06/Kesugihan, serta perwira upacara Kapten Inf Tasino memimpin upacara, yang diikuti personel Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Basarnas, Satpol PP Kabupaten Cilacap, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Cilacap, serta perwakilan mahasiswa.

Dalam amanat tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia Rudiantara yang dibacakan inspektur upacara mengatakan, filosofi Amukti Palapa yang tersirat dalam Sumpah Palapa yang digaungkan Gadjah Mada merupakan embrio paling kuat bagi persatuan nusantara negara Indonesia.

Pasca demokrasi yang menguras energi, para petugas KPPS telah bertugas untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses Pemilu, banyak dari mereka yang gugur menjadi pahlawan demokrasi. “Kita sepatutnya berterimakasih atas segala jasa dan pengorbanan mereka bagi bangsa dan negara,” kata Menkominfo.

Pihaknya menambahkan, kita pasti mampu bersatu, dari kerenggangan politik dan keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas untuk keberlangsungan anak cucu bangsa ini, yakni persatuan Indonesia.

“Perlunya memaknai nilai-nilai Pancasila yang apabila diperas dalam tiga sila ataupun satu sila tunggal, yaitu gotong-royong, banting tulang, dan peras keringat, sebagai semangat gotong-royong telah mengakar di seluruh wilayah nusantara. Dengan bertumpu pada kekuatan SDM dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan mendapat harkat dan martabat baru sebagai laras ekonomi dunia dan menjadi negara 10 besar ekonomi dunia,” tegas Rudiantara.

Hadir dalam kegiatan, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wabup Syamsul Auliya Rachman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, serta Forkopimda Cilacap, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, Danlanal Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Kapolres Cilacap yang diwakili Kompol Sukirwan, Kejari Cilacap Sukesto Aristo, pimpinan BUMN dan BUMD wilayah Kabupaten Cilacap, kepala dinas beserta ASN di lingkungan Pemkab Cilacap. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *