Maspolin.id

Babinsa Ikut Sukseskan Imunisasi Campak dan Polio

Cilacap, Maspolin.id – Dalam rangka ikut mensukseskan kegiatan imunisasi campak dan polio, Babinsa Ayamalas Sertu Sartono turun ke lapangan mendampingi bidan desa Hesti Fajriah dan Indiana Enggar melaksanakan pemberian imunisasi BCG, polio, dan campak pada bayi balita di Balai Desa Ayamalas, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (21/5/2019).

Pendampingan Babinsa dalam kegiatan tersebut merupakan bagian dari tugas-tugas kewilayahan aparat teritorial, serta sebagai bentuk kepedulian kepada para balita yang ada di wilayah binaan agar mereka sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

“Di usia balita, mereka akan rentan terhadap penyakit. Untuk itu, sangat penting dilakukan imunisasi campak, BCG, dan polio agar mereka mempunyai imun atau kekebalan yang dapat menangkal masuknya penyakit,” terang Sertu Sartono.

Hal sama disampaikan bidan Hesti Fajriah. Dia mengatakan, pemberian imunisasi ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi sehingga tidak mudah terserang penyakit. “Diberikannya vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guérin) ini berguna untuk melindungi diri terhadap tuberkulosis (TBC),” ucapnya.

Menurut dia, imunisasi polio diberikan dengan cara diteteskan guna mencegah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang ada di saluran pencernaan dan tenggorokan, sedangkan imunisasi campak diberikan guna mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus campak.

Hesti juga menjelaskan beberapa gejala virus campak, diantaranya kulit yang ruam-ruam, batuk, mata merah, tenggorokan sakit, dan badan demam hingga mencapai suhu 40ºC. Hal ini agar para ibu mengerti gejala-gejala dari virus tersebut sehingga dengan segera memeriksakan ke bidan desa atau Puskesmas terdekat. “Mari kita sukseskan imunisasi campak dan polio untuk Indonesia yang lebih sehat, dan terbebas dari campak dan polio,” ajaknya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *