Maspolin.id

Stok BBM Hingga Lebaran Cukup, Konsumsi Jateng Terbanyak

Cilacap, Maspolin.id – Persediaan bahan bakar minyak (BBM) di Pertamina RU IV hingga Lebaran 2019 nanti masih mencukupi. Dan, Provinsi Jawa Tengah paling banyak mengonsumsi BBM-nya dibanding provinsi lain di Pulau Jawa.

Hal itu dikatakan General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Priyono, usai acara silaturahmi dan buka bersama dengan insan pers dan Forkopimcam Cilacap, Minggu (26/5/2019) petang.

Diungkapkan Joko, saat ini dalam penyaluran BBM kita harus menggunakan satgas. Artimya, penyalurannya melalui marketing operation di Semarang.

“Untuk mudik, Jawa Tengah ini nomor satu. Sebab, mudik centralnya di Jawa Tengah, hampir semua orang mudiknya ke Jawa Tengah. Konsumsinya paling banyak, yakni hingga 20 persen,” bebernya.

Untuk itu, katanya, pihak Pertamina harus menjaga keandalan kilangnya agar tetap bisa beroperasi dengan aman dan terkendali dalam menyuplai BBM kepada masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Barat, karena akan melayani pemudik dari H-15 hingga H+15. “Kilang harus aman dan terkendali,” ucap Joko.

Saat ini persediaan premium dan pertamax cukup hingga 50 hari. Sedangkan avtur cukup hingga 140 hari.

Kenapa avtur terbanyak, menurut Joko karena harga tiket pesawat sedang tinggi, sehingga pemudik beralih ke angkutan darat dan berdampak kepada solar.

Menghadapi lonjakan pada premium dan pertamax juga solar, pihak Pertamina RU IV Cilacap menaikkan produksi hingga 5 persen. Sedangkan avtur aman.

Selain itu saat ini Pertamina membangun SPBU sekitar 12 titik. Juga mulai diberlakukan layanan mobile dengan mendirikan Pertashop guna mengantisipasi jika di SPBU tidak terlayani.

Melimpahnya stok avtur di RU IV membuat Pertamina hendak mengekspornya. “Tapi kita izin dulu ke pemerintah, boleh atau tidak. Dan kita tak mau impor, kasihan pemerintah,” terang Joko. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *