Maspolin.id

Pupuk Nutrisi Wijayakusuma Solusi Ciptakan Lahan Sehat dan Tingkatkan Produktivitas Padi

Cilacap, Maspolin.id – Terobosan baru di bidang pertanian untuk menghasilkan produksi padi berkualitas dan sehat, dimulai dari program ketahanan pangan yang digencarkan TNI, Komandan Korem (Danrem) 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana menggandeng tim dari PT Permata Agro Nusantara menciptakan pupuk nutrisi berkualitas yang diberi nama Wijayakusuma Nutrition.

Guna lebih mengenalkan produk pertanian ini, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, Danrem 071/WK bersama tim teknis menggelar sosialisasi pupuk Nutrisi Wijayakusuma kepada seluruh Babinsa jajaran Kodim 0703/Cilacap.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Satya Kartika Makodim Cilacap, Senin (27/5/2019).

Hadir Danrem 071/WK Kolonel Kav Dani Wardhana, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold YS, Ketua Tim Teknis Imam bersama anggota, dan para Danramil serta Babinsa jajaran Kodim 0703/Cilacap yang berjumlah 100 orang.

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan bahwa berawal dari inisiatif menyulap lahan tidur milik TNI AD menjadi lahan produktif, telah mempertemukannya dengan Imam, yang kemudian menciptakan pupuk Nutrisi Wijayakusuma. “Setelah menggunakan pupuk Nutrisi Wijayakusuma dan melakukan aplikasi langsung di lapangan, ternyata hasilnya sangat bagus, Hal ini terbukti dengan hasil panen di lahan demlot wilayah jajaran kita mengalami peningkatan,” terang Danrem.

Sementara, Dandim 0712/Tegal memaparkan keunggulan pupuk ini, yang telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas padi milik petani di wilayah binaannya. “Dulu rata-rata petani mampu menghasilkan produktivitas padi sekitar 6 ton/hektar. Setelah menggunakan pupuk Nutrisi Wijayakusuma, hasilnya meningkat menjadi 8 hingga 9 ton/hektar,” jelasnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh Babinsa untuk menyosialisasikan serta mengaplikasikan pupuk ini kepada petani di Cilacap.

Ketua Tim Teknis Pupuk Nutrisi Wijayakusuma, Imam menuturkan, ide membuat pupuk Nutrisi Wijayakusuma bermula atas keprihatinan dengan kondisi kerusakan tanah akibat pemakaian pupuk berbahan kimia.

Dia ingin mewujudkan mimpi, dan meraih asa untuk memajukan dunia pertanian dan menyejahterakan petani, dengan menghadirkan pupuk Nutrisi Wijayakusuma yang nantinya akan menjadikan tanah lebih sehat, seperti tanah hutan yang sangat subur.

Selain itu, menurut Imam, dampak penggunaan produk pestisida untuk tanaman padi menjadikan tanah rusak.

Selain itu, pemasaran produksi beras tak mampu menembus pasar global, karena beras berasal dari bahan kimia.

“Petani Indonesia hanya menjadi petani rumahan yang tidak maju,” tandas Imam.

Dengan penggunaan pupuk Nutrisi Wijayakusuma akan mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil produksi petani. “Dan, tentunya petani akan semakin sejahtera,” jelas Imam. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *