Maspolin.id

115 Siswa Diktukba Infanteri TNI AD Tahun 2018 (OV) Dikukuhkan

Cilacap, Maspolin.id – Sebanyak 115 siswa Diktukba Infanteri TNI AD tahun 2018 (OV) secara resmi dikukuhkan sebagai prajurit infanteri oleh Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Amrin Ibrahim di Pantai Teluk Penyu, Area 70 Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019).

Upacara pengukuhan tersebut dihadiri para pejabat Rindam IV/ Diponegoro, seperti Dandodiklatpur Letkol Inf Agus Adi Darmawan, Dandodikjur Rindam IV/Diponegoro Letkol Inf Budi Nurohman, Dandik Bela Negara Rindam IV Letkol Inf Tentrem, Dan Secata Rindam IV Letkol Inf MI Muhtar, dan Dan Secaba Rindam IV Letkol Inf Aris Prasetyo.

Juga hadir Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Sohib Ansori, Pasi Ops Kodim Kapten Cba M Issa Saefudin, Dansubdenpom IV/I-1 Cilacap Kapten Cpm Tarjono, dari Lanal Kapten Laut Didik, Dankalan Kopassus Cilacap Kapten Inf Lukman, Kabagsumda Polres Cilacap Kompol Sukirwan, dan Kapolsek Cilacap Selatan AKP Bambang Ismanto.

Dalam amanat Danpusenif Kodiklatad yang dibacakan Danrindam IV/Diponegoro mengatakan, latihan Yudhawastu Pramukha dan Tradisi Pembaretan merupakan bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang prajurit infanteri, juga untuk memupuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan di antara sesama korps infanteri, merupakan salah satu upaya menumbuhkan nilai-nilai kejuangan para prajurit dalam rangka mengimplementasikan segala kemampuan yang dimiliki untuk menjadi prajurit yang andal dan selalu berhasil dalam setiap penugasan.

Dengan telah disahkan penggunaan baret àaaaààa ini, para siswa dituntut untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan fisik, dengan didukung semangat juang, jiwa korsa, serta kebanggaan yang tinggi terhadap kecabangan infanteri sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta.

Pembaretan dan penyematan brivet kualifikasi Yudha Wastu Pramukha, merupakan suatu pengakuan dan penghargaan bagi para siswa.

Baret infanteri adalah lambang kehormatan bagi korps infanteri, suatu korps yang berpredikat sebagai penjuru dan pilar TNI-AD dengan slogan Yudha Wastu Pramukha, yang mengandung arti sebagai pelaksana pertempuran Terdepan, dan menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran

Disamping itu, kegiatan ini mempunyai makna agar jiwa korsa dan semangat kebersamaan di antara sesama warga korps infanteri tetap terjaga serta sebagai wujud kebanggaan kepada generasi penerus. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *