Maspolin.id

Tingkatkan Produktivitas Padi, Babinsa dan PPL Terus Dampingi Petani

Cilacap, Maspolin.id – Guna meningkatkan produktivitas padi di wilayahnya, Babinsa Koramil 13/Majenang terus mendampingi para petani. Seperti ketika melakukan panen padi ubinan di RT 06 RW 07 Dusun Bantareja, Desa Pahonjean, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019).

Menurut Babinsa Pahonjean Serda Teguh, panen padi ubinan milik Kelompok Tani Kompas BP (Kompleks Pasar Bantar Picung) ini merupakan panen padi perdana di Desa Pahonjean, dengan lahan seluas 0,36 hektar.

Dalam pendampingannya, Babinsa ditemani Pelaksana Bidang Tanaman Pangan (TP) Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Didik Darmono dan PPL Desa Pahonjean Tri Yugo Istianto dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Majenang.

“Turunnya Babinsa di sawah bersama PPL diharapkan dapat memberi motivasi dan semangat tersendiri bagi para petani untuk selalu berusaha meningkatkan produktivitas panen padinya,” katanya.

Selain itu, kegiatan panen padi tersebut merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Babinsa dalam menyukseskan progam swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

“Berdasarkan data yang tercatat, panen ubinan pada bulan Mei ini di lahan Poktan Kompas BP Desa Pahonjean seluas 0,36 hektar, diperkirakan mencapai 7,8 ton per hektar dengan jenis padi logawa,” jelas Serda Teguh.

Terkait hasil ini, Ketua Kelompok Tani Kompas BP H Miftahul Alwi mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen. “Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapat bimbingan dan pendampingan secara teknis dari Babinsa bersama PPL, dimana panen padi saat ini dengan menggunakan perhitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *