Maspolin.id

Prajurit TNI dan PNS Kodim Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Cilacap, Maspolin.id – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim di halaman Makodim Cilacap, Sabtu (1/6/2019).

Pada upacara tersebut, Kasdim membacakan amanat Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Yudi Latief.

Dalam amanatnya, Yudi mengatakan, Pancasila dinilai mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut dia, Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini, berkat Pancasila,” imbuh Kasdim.

Nilai-nilai Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, dari itu semua yang perlu menjadi perhatian kita adalah kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah hari lahirnya Pancasila dan meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara bahwa Pancasila satu-satunya dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *