Maspolin.id

Pastikan Awak KA Bebas Narkoba, KAI Daop 5 Purwokerto Gandeng BNN Lakukan Cek Urine

Banyumas, Maspolin.id – Masa angkutan Lebaran sudah dimulai tanggal 26 Mei 2019. PT KAI mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mendukung dan memperlancar angkutan Lebaran 2019 ini, baik awak KA yang mengoperasikan perjalanan KA maupun petugas di seluruh stasiun dan lintas. “Seluruh SDM yang dimiliki KAI Daop 5 Purwokerto dimaksimalkan untuk kelancaran angkutan Lebaran 2019,” kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Selasa (4/6/2019).

Selain SDM yang ada, imbuhnya, KAI Daop 5 Purwokerto juga memastikan kondisi SDM yang melayani posko angkutan Lebaran 2019 dalam kondisi yang baik. Salah satunya adalah dilakukannya tes narkoba bagi kru KA, terdiri dari masinis, asisten masinis, kondektur, serta Polsuska.

Kegiatan tes narkoba dilaksanakan di UPT kru KA stasiun Purwokerto, tempat kru KA datang dan berangkat dinas, serta Griya Karya Purwokerto, tempat menginap kru KA.

Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), sekaligus menjaga dan menjamin keselamatan perjalanan KA. “Kami memastikan seluruh kru KA dalam kondisi prima dan tidak ada yang memakai obat-obatan terlarang,” ungkap Supriyanto.

Kegiatan tes urine ini untuk deteksi dini penggunaan narkoba, dan memastikan pegawai KAI tidak menggunakan obat-obatan terlarang.

Dalam kegiatan ini, PT KAI menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banyumas, dengan melibatkan 7 personel BNN dan 4 personel Kesehatan KAI Daop 5 Purwokerto, dan menggunakan alat tes urine 6 parameter untuk mendeteksi adanya penggunaan amphetamine, metamphetamine, morphine, mariyuana, cocaine, dan benzodiazepine.

“PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, beserta penumpang dan barang yang diangkutnya,” tandas Supriyanto. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *