Maspolin.id

Sambut Idul Fitri 1440 H, Forkopimda Gelar Festival Tabuh Bedug

Cilacap, Maspolin.id – Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Kapten Inf Taryun bersama unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, OPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat merayakan malam takbiran dengan menggelar Festival Tabuh Bedug di Alun-alun Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (4/6/2019) malam.

Kegiatan ini juga diikuti perwakilan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap.

Festival ini rutin dilaksanakan Forkopimda dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, sebagai perayaan hari kemenangan umat Muslim setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Selain tabuh bedug, dalam pergelaran ini juga dikumandangkan gema takbir. Harapannya, suasana penyambutan Hari Raya Idul Fitri ini berjalan dengan meriah dan dapat dinikmati seluruh warga Kabupaten Cilacap.

Menurut Ketua Panitia, Taryo, kegiatan Festival Tabuh Bedug ini untuk memeriahkan dan menyemarakkan perayaan Idul Fitri 1440 H dan sebagai bentuk syiar Islam dalam upaya pelestarian budaya yang bernuansa Islami, serta meningkatkan ukhuwah Islamiyyah antar sesama umat Muslim.

Sasarannya yakni para pecinta seni tabuh bedug yang ada di wilayah Cilacap.

Festival ini dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dengan ditandai gema takbir dan tabuh bedug oleh unsur Forkopimda dan OPD.

Kegiatan makin meriah ketika peserta mulai menunjukkan kebolehannya menabuh bedug di atas panggung.

Tabuh bedug ini diikuti 7 grup yang merupakan perwakilan dari masing-masing eks-Distrik ditambah 3 kecamatan se-Eks Kotip Cilacap.

Semua peserta nantinya akan mendapat hadiah dari panitia, namun untuk tabuh bedug tetap dilombakan.

Ada beberapa kriteria penilaian dari dewan juri dalam lomba ini, yaitu ketepatan antara suara dan musik, kekompakan, serta ketepatan waktu.

Menyikapi kegiatan ini, Kapten Inf Taryun mengaku mengapresiasi yang telah dilakukan Pemkab Cilacap.

Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat untuk menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, sebagai sarana para pencinta seni tabuh bedug untuk menyalurkan bakatnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi umat Islam terhadap pentingnya penghayatan nilai syiar Islam.

“Disamping itu dapat meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT untuk berbuat kebaikan dan meraih kemenangan, setelah digembleng selama satu bulan penuh berpuasa,” pungkas Taryun. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *