Maspolin.id

Lestarikan Tradisi Jawa, Warga Semen Pinggir Adakan Sedekah Bumi

Bojonegoro,Maspolin.id – Selamatan sedekah Bumi Desa Semen Pinggir Kecamatan Kapas Jawa timur yang dilaksanakan, Senin (10/06/2019),berjalan Meriah. 

Kegiatan sedekah bumi diawali dengan Selamatan atau tumpengan, dimana warga berbondong-bondong membawa tumpeng lengkap dengan lauk-pauknya. Tidak hanya itu saja, dalam tumpeng tersebut juga terdapat kue khas perdesaan seperti kucur, krecek, tape ketan dan kue-kue lainnya untuk dibawa ke sebuah Sendang atau sumur yang di yakini sebagai tempat keramat di Desa Tersebut. 

Sedekah bumi yang dilaksanakan setiap setahun sekali,Baik Sendang-sendang kecil, mata air atau sumur galian,atau Makam Sesepuh juga turut dijadikan sasaran ajang selamatan,sumur keramat untuk tempat-tempat yang lain, juga dijadikan tempat selamatan di acara sedekah bumi Desa Semen Pinggir Karena ini, merupakan tradisi nenek moyang yang masih terpelihara dengan baik di desa kata seorang warga setempat.

“Desa Semen pinggir sendiri memiliki 3 Dukuhan Diantaranya Dukuh Semen, Dukuh Pinggir, Dukuh Pagak Penduduk 2500 KK dan masih sangat kental dengan Tradisi jawa, Ujar Yanto Selaku Pelaksana Sekaligus Perangkat Desa Setempat.

Ditambahkan, Warga Desa setempat bahwasanya Desa Semenpinggir masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat nenek moyangnya yaitu para pendahulunya yang menjadi cikal bakal berdirinya Desa Semenpinggir, Tidak hanya itu, usai selamatan siang hari, biasanya acara dilanjutkan pada malam hari dengan Pagelaran langen Tayub.

Hingga berita ini di tulis acara sedekah bumi masih berlangsung dengan Panjatan Do’a Do’a Tahlil. 

Agus Kuprit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *