Maspolin.id

Membahayakan Pekerja, Galian Pasir Darat Di Desa Tebon Harus Dihentikan Aktifitasnya

BOJONEGORO,Maspolin.id – Meskipun Kerap dilakukan Sosialisasi Bahkan Razia keberadaan Penambangan Liar Di wilayah Desa Tebon Kecamatan Padangan Masih Dilakukan Hingga Saat Ini.

Adapun Penambangan Pasir Darat Manual yang menggunakan Tenaga Manusia Dengan Skrop Adalah Milik Seorang berinisial N Warga Desa Tebon Kecamatan Padangan Kondisinya sangat Memprihatinkan.

Warga melakukan penambangan pasir dengan cara mencangkul yang kemudian pasir yang diperoleh dinaikkan ke Mobil mobil yang sudah mengantri sejak pagi dengan menggunakan Skrop, Meskipun Tergolong manual ataupun Tradisional kegiatan tersebut tetap melanggar Peraturan yang ada.

Selain melanggar Undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Kegiatan Penambangan itu jelas sangat membahayakan Pekerja itu sendiri, Karena Pernah juga di tempat Yang sama dengan kegiatan yang sama terjadi Longsor yang mengakibatkan Korban jiwa.

Padahal sudah di jelaskan Sesuai Pasal 158 disebutkan, setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa IUP, IPR atau IUPK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37, Pasal 40 ayat (3), Pasal 48, Pasal 67 ayat (1), Pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Melalui media ini Berharap kepada Dinas Terkait untuk segera menindak lanjuti Kegiatan pertambangan Pasir Darat Yang ada di Wilayah Desa Tebon Kecamatan Padangan, agar Tidak terjadi kecelakaan kerja hingga mengakibatkan korban jiwa seperti yang sudah sudah.

Agus Kuprit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *