Maspolin.id

Sosialisasi Gerakan Pengendalian OPT Padi, Danramil Ikut Memotivasi Petani

Cilacap, Maspolin.id – Bersama Kelompok Tani (Poktan) Setyo Ngudi Karyo, Danramil 15/Karangpucung Kapten Inf Yusuf Subagyo serta Babinsa menghadiri Sosialisasi Gerakan Pengendalian OPT Padi dari Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cilacap, di Desa Sindangbarang, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (13/6/2019).

Daniar dari Dinas Pertanian (Distan) mengatakan, sosialisasi pengendalian hama ini dilaksanakan karena banyak keluhan dari para petani tentang hama yang menyerang dan memasuki area lahan padi, khususnya di Desa Sindangbarang.

Menurut Daniar, pengendalian hama dengan cara penyemprotan dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama pada padi yang berumur baru satu bulan, tidak semakin banyak dan berkembang, karena hama merupakan musuh para petani yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi.

Sementara, Staf Teknis Laboratorium PHP Banyumas Supriyadi menandaskan, datangnya hama berupa rumput liar merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam. Namun demikian, dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL dan didampingi Babinsa, diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani.

“Kami juga mengharapkan adanya sinergitas antara Babinsa dan PPL di lapangan, serta selalu erat agar dapat menutupi kekurangan satu sama lain, sehingga kerja sama yang terjalin dapat menorehkan keberhasilan berupa peningkatan produksi gabah di wilayah Kecamatan Karangpucung,” tutupnya.

Danramil 15/Karangpucung, Kapten Yusuf Subagyo memotivasi para petani agar terus mempunyai semangat untuk bekerja, “Jangan sungkan untuk menyampaikan keluh kesah ataupun kendala yang ditemui kepada para Babinsa, karena mereka siap membantu para petani dari mulai masa tanam hingga panen nantinya,” ucap Danramil. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *