Maspolin.id

Warga Danasri Lor Lestarikan Kuda Lumping, Serda Wiko: Utamakan Toleransi Antar Warga

Cilacap, Maspolin.id – Pergelaran seni kuda lumping yang kini sedang dilestarikan warga Desa Danasri Lor, Kecamatan Nisawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mendapat dukungan kuat Babinsa Danasri Lor, Nusawungu, Serda Wiko Andriyanto.

Untuk itu, Koramil 05/Nusawungu ikut mengamankan pelaksanaan pentas seni kuda lumping di Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, Jumat (14/6/2019).

Kegiatan pentas seni yang mengusung tradisi daerah ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar melestarikan seni budaya yang merupakan kesenian khas Jawa Tengah.

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, yang salah satunya adalah kesenian kuda lumping,” katanya.

Pengamanan yang dilakukan Babinsa sabagai apter (aparat teritorial) memiliki tanggung jawab keamanan di wilayah dengan mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran acara tersebut, sehingga acara pentas seni ini berlangsung aman dan tertib.

Serda Wiko Andriyanto selaku Babinsa Danasri Lor mengimbau agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan wilayah, dengan mengutamakan toleransi dan kerukunan antar warga.

“Silakan para penonton menikmati pertunjukan seni kuda lumping ini, namun keamanan harus tetap dijaga,” harapnya.

Pertunjukan seni kuda lumping ini merupakan hiburan untuk warga. Untuk itu, dia mengajak semua anggota menjaga agar acara berjalan dengan aman dan kondusif, sehingga ke depan kesenian ini tetap bisa kita nikmati sebagai warisan budaya bangsa yang harus kita lestarikan bersama. (Estanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *